9 Manfaat Buncis bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Depresi?

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 22 Oktober 2019 07:48
9 Manfaat Buncis bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Depresi?
Tak banyak yang tahu, buncis memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dream – Kita pasti sudah tidak asing dengan buncis. Sayuran ini memang menjadi menu favorit banyak orang.

Rasa lezat dan tekstur renyah membuat buncis semakin digemari masyarakat. Saking enaknya, buncis juga kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam, hidangan seperti tumis buncis ataupun sayur buncis. 

Tak hanya sebagai pemuas lidah, buncis juga menawarkan segudang manfaat kesehatan. Buncis mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting yang sangat bagus bagi tubuh. Sayuran ini juga tergolong dalam makanan rendah lemak dan kalori namun tinggi akan lemat serta protein.

Nah, dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya, kalian tentu saja bisa menilai buncis memang sayurang menyehatkan. Untuk lebih mengetahuinya, Dream telah menrangkum sejumlah informasi secara khusus untuk kalian. Yuk simak ulasan manfaat buncis berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Manfaat Buncis: Meningkatkan Kesehatan Jantung

 9 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Depresi?

Buncis kaya akan serat larut serta kandungan flavonoid pelindung jantung di dalamnya. Flavonoid dikenal sebagai agen antiiflamasi yang mengatur aktivitas trombotik dalam sel tubuh.

Tidak hanya itu saja, kandungan tersebut juga mampu mencegah kalian mengalami pembekuan darah di arteri. Sedangkan, serat larut yang terkandung di dalam buncis secara efektif dapat menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.

2. Manfaat Buncis: Membantu Menurunkan Berat Badan

Buncis merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalori serta lemak sangat rendah sehingga tak heran menjadi sayuran ideal bagi kalian yang sedang menjalankan program diet.

Menariknya, buncis mengandung banyak sekali serat sehingga mampu menekan nafsu makan kalian serta memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Dengan mengonsumsinya secara teratur, niscaya berat badan kalian akan mengalami penurunan yang begitu sehat.

2 dari 5 halaman

3. Manfaat Buncis: Mencegah Depresi

 9 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Depresi?

Buncis diketahui memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Kandungan ini dikenal mampu mencegah seseorang terkena depresi. Hal tersebut ditambah dengan adanya mineral yang bertugas untuk mencegah pelepasan homocysteine berlebih dalam tubuh kalian.

Bagi yang belum tahu, homocysteine mampu menghentikan aliran darah dan asupan nutrisi lainnya untuk mencapai otak. Tidak hanya itu saja, homocysteine juga akan menghalangi produksi hormone serotonin (pengatur tidur), norepinefrin (nafsu makan) serta dopamine (suasana hati) kalian.

4. Manfaat Buncis: Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kalsium yang ada di dalam buncis secara signifikan akan mencegah kalian mengalami kerusakan tulang serta osteoporosis. Apalagi ditambah dengan adanya kandungan protein dan vitamin K yang sangat tinggi, membuat kesehatan tulang menjadi meningkat.

Perpaduan asupan nutrisi yang ada di dalam buncis mampu mencegah timbulnya keropos tulang pada diri kalian. Bonusnya, mineral yang terkandung di dalamnya akan membantu regenerasi tulang.

3 dari 5 halaman

5. Manfaat Buncis: Mencegah Kanker

 9 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Depresi?

Buncis juga secara efektif mampu mencegah seseorang terkena penyakit kanker. Hal ini dikarenakan sayuran berwarna hijau ini mengandung sejumlah asupan nurtisi penting bagi tubuh.

Misalnya seperti antioksidan, vitamin B, vitamin C, mangan, serat serta folat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut memiliki peranan penting dalam mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat tumbuh kembang sel tumor.

6. Manfaat Buncis: Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dikatakan sebelumnya, buncis mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Vitamin C dikenal memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Sedangkan, antioksidan telah menjadi agen yang melawan masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas inilah penyebab utama timbulnya berbagai penyakit kronis seperti gangguan autoimun, kanker, penyakit kardiovaskular, penyakit mata hingga inflamasi.

4 dari 5 halaman

7. Manfaat Buncis: Mengatasi Masalah Pencernaan

 9 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Depresi?

Tingginya kadar serat di dalam buncis membuat sayuran ini mampu membantu dalam mengatasi beberapa masalah pencernaan tertentu. Misalnya seperti penyakit asam lambung, sembelit hingga bisul.

Tahukah kalian? Buncis termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran rendah akan FODMAPs, yaitu sekelompok karbohidrat yang mampu untuk difermentasi dan memicu timbulnya beberapa gejala pencernaan seperti diare, sakit perut, sembelit dan adanya gas berlebih.

8. Manfaat Buncis: Menjaga Kesehatan Mata

Berikutnya, manfaat buncis yang bisa kalian rasakan yaitu mampu menjaga kesehatan mata. Kandungan karotenoid yang ada di dalam buncis memiliki peranan penting dalam mencegah seseorang menderita degenerasi makula terkait usia.

Bagi yang belum tahu, degenerasi makula yaitu sebuah kondisi yang membuat kalian memiliki penglihatan buruk. Untuk mencegahnya, kalian bisa mengonsumsi buncis secara teratur setiap harinya. Bonusnya, adanya lutein dan zeaxanthin yang tinggi akan membuat penglihatan kalian lebih baik lagi.

5 dari 5 halaman

9. Manfaat Buncis: Mencegah Cacat Lahir selama Kehamilan

 9 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Depresi?

Dikatakan sebelumnya, buncis merupakan sumber folat yang sangat bagus bagi setiap orang terutama pada ibu hamil. Mineral ini sangat bermanfaat dalam pembelahan sel serta sintesis DNA pada janin. Tak mengherankan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buncis selama masa kehamilannya. Tujuannya yaitu untuk mencegah si kecil nantinya terlahir cacat tabung saraf. Menariknya lagi menurut Harvard Medical School, buncis mampu meningkatkan kesuburan akibat adanya kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya.

Sumber: Boldsky

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara