Ini Tanda Anda Seorang Pecandu Ponsel

Reporter : Ervina
Kamis, 16 Oktober 2014 11:45
Ini Tanda Anda Seorang Pecandu Ponsel
Kebiasaan menggunakan ponsel hingga berujung pada kecanduan, kini bukan hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak. Amankan kondisi tersebut?

Dream - Kata 'kecanduan' identik dengan segala hal yang dapat menganggu seseorang melakukan aktivitas secara normal. Kecanduan merupakan suatu kebiasaan yang tidak baik dan memakan waktu hanya untuk melakukan satu aktivitas saja.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah ahli kesehatan melihat semakin tingginya angka kecanduan teknologi, terutama perangkat ponsel pintar. Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Pew Research Center menunjukkan sekitar 58 persen orang dewasa di Amerika Serikat memiliki ponsel pintar, dan berpotensi besar berperilaku tidak sehat.

" Kecanduan teknologi dapat lebih buruhk dalam beberapa hal, mungkin anda sering melihat anak-anak yang makan malam dengan sebuah iPad di meja atau di pangkuan mereka. Hal ini sudah terjadi di mana-mana dan menyerang semua kalangan usia," ungkap Lisa Strohman, PhD, seorang psikolod dan pendiri Wellness Center Technology seperti dikutip Everyday Health.

Lebih lanjut Lisa menyebut siapapun berpotensi mengalami kecanduan teknologi. Umumnya orang dengan kondisi depresi, cemas, dan gangguan bipolar lebih besar memiliki ketergantungan terhadap akses internet dan teknologi.

Dalam beberapa kasus, kecanduan teknologi dapat menyebabkan kondisi lain. Seseorang yang berasal dari layar belakang menderita kecanduan, kemungkinan ia juga sebagai seorang pecandu teknologi pun semakin besar.

Meski belum ada klasifikasi formal atas gangguan akibat kecanduan teknologi, biasanya ada satu bentuk utama yang nampak dari seorang pecandu teknologi. Ia biasanya memiliki ketergantungan besar terhadap perangkat yang terhubung internet.

Ada orang yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk belanja online, hingga ada yang tidak bisa terlepas dari segala hal yang berkaitan dengan sosial media. Kehidupan sosial mereka akan sangat berpengaruh besar sebagai akibat dari aktivitas online yang porsinya lebih besar.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup