Daftar Barang Pribadi yang Berbahaya Jika Dipinjamkan

Reporter : Kusmiyati
Minggu, 22 November 2015 14:02
Daftar Barang Pribadi yang Berbahaya Jika Dipinjamkan
Barang-barang pribadi seperti gunting kuku dan deodoran tidak boleh sembarangan dipinjamkan kepada teman atau bahkan keluarga. Ahli kesehatan mengatakan sebaiknya segera menghentikan kebiasan itu.

Dream - Barang-barang pribadi seperti gunting kuku dan deodoran tidak boleh sembarangan dipinjamkan kepada teman atau bahkan keluarga. Ahli kesehatan mengatakan sebaiknya segera menghentikan kebiasan memakai barang tersebut secara bergantian.

Dikutip Womenshealth, Jumat 20 November 2015, selain dua barang itu ada beberapa yang memang tidak boleh dipinjamkan untuk menghindari risiko gangguan kesehatan.

1. Sabun batangan

Studi tahun 2008 menuliskan kesebelasan tim sepakbola pernah mengalami infeksi akibat penggunaan sabun batangan bersama-sama.

Penelitian ini dilakukan oleh University of Florida dan menemukan adanya infeksi berulang dari satu tipe bakteri Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) yang ditemukan pada kulit dan hidung. Hal ini membuat tubuh menjadi kebal terhadap antibiotik.

Sebagai gantinya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan penggunaan sabun cair untuk mencegah infeksi.

2. Deodoran

Hampir semua orang menggunakannya untuk mengatasi bau badan akibat keringan berlebih. Kandungan antiperspirant pada deodoran yang membantu mengurangi masalah bau badan tersebut.

Namun penggunaannya yang diperuntukan di area kulit sensitif seperti ketiak, menurut Mayo Clinic jika digunakan bersamaan dengan orang lain maka dapat menyebabkan infeksi.

3. Pisau Cukur

Menurut dermatolog sekaligus direktur Program Kesehatan Kulit Perempuan di Northwestern Medicine, Bethanee J. Schlosser, MD, Ph.D., pisau cukur dapat menularan hepatitis B, C, dan HIV.

" Pisau cukur dapat menyebabkan transmisi jamur korporis atau lebih umum dikenal sebagai infeksi kurap dan bakteri," katanya.

4. Handuk

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan handuk yang digunakan bergantian dapat menyebarkan infeksi kulit, terutama yang masih dalam kondisi basah.

5. Sikat Gigi

Schlosser juga menegaskan penggunaan sikat gigi bergantian dapat menularkan infeksi. " Menggunakan sikat gigi bergantian dapat meningkatkan tingkat bakteri dalam aliran darah," katanya.

6. Gunting kuku

Menurut Schlosser penggunaan gunting kuku bergantian dapat menimbulkan risiko penularan infeksi virus.

Beri Komentar