Cara Mengatasi Rasa Cemburu, Secara Medis

Reporter : Kusmiyati
Jumat, 29 Januari 2016 18:02
Cara Mengatasi Rasa Cemburu, Secara Medis
Perasaan ini terjadi karena ada faktor emosi yang bergolak.

Dream - Dalam menjalani sebuah hubungan terkadang timbul perasaan cemburu. Secara medis, hal itu terjadi karena ada faktor emosi yang bergolak.

" Biasanya seseorang berperilaku cemburu ketika ada pengalaman yang membuat emosinya bergejolak. Rasa takut itu mempengaruhi emosi dan pikirannya menjadi negatif," ujar pakar Psikologis Klinis, Kanan Khatau, dari dikutip Idiva, Jumat 29 Januari 2016.

Kanan mengatakan, ketika ada perasaan seperti itu sebaiknya jangan dipendam. Segra beri tahu pasangan. Nanti, saat dibicarakan akan timbul pemahaman dengan pasangan.

" Jangan sampai rasa takut menjadi pemicu rasa kehilangan," jelas Kanan.

Selain Kanan, Psikolog Seema Hingoranny menyebut emosi negatif sebaiknya tidak ditekan. Jangan sampai emosi negatif menutup akal sehat dan memunculkan perdebatan atau perang dingin.

" Ekspresikan rasa cemburu dengan positif. Misalnya sambil bercanda atau bicara serius namun dengan kondisi yang nyaman," tegasnya. 

Seema pun memberikan tips untuk mengatasi rasa cemburu. Berikut tipsnya: 

1. Cintai Diri Sendiri

Mengakui kelemahan atau kekurangan akan membantu untuk meminimalkan rasa cemburu. Mengetahui kelemahan dapat membantu Anda untuk lebih baik lagi. " Belajarlah mencintai diri sendiri terlebih dahulu," ujar Seema.

2. Belajar dari Masa Lalu

Belajar berbeda artiannya dengan membandingkan. Menurut Seema setiap orang memiliki karakter yang berbeda.

Jangan pernah menyamakan kondisi masa lalu dengan yang sekarang. Walaupun rasa takut timbul karena pengalaman masa lalu. " Tapi bukan berarti harus emosi tetapi redamkan dengan pelajari masalah itu kenapa muncul," kata Seema.

Seema menambahkan, jangan sampai emosi negatif mempengaruhi perilaku. Fokus. Jangan sulit memisahkan mana, fakta mana yang hanya perasaan dari pikiran negatif. " Intinya percaya," ujarnya.

3. Tenangkan Pikiran

Ketika rasa cemburu itu datang, coba untuk mengambil napas dalam-dalam dan berpikir tenang. Jauhkan pikiran-pikiran yang membuat emosi memuncak. " Apa yang dipikirkan itu mungkin hanya persepsi yang salah," jelas Seema.

4. Meminta Bantuan Pasangan

Jika bukan termasuk tipe orang yang mudah mengatakan rasa cemburu, cobalah dengan bahasa isyarat. Misalnya dengan memegang tangannya dengan kuat ketika mendadak cemburu itu datang.

" Tindakan sederhana seperti memegang tangan Anda atau meletakkan lengan di pinggang atau pundak pasangan, akan membuat suasana cemburu menjadi lebih nyaman," ujar Seema. (Ism) 

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen