Coba Pijatan Ringan untuk Redakan Masalah Pencernaan

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 25 Maret 2019 11:44
Coba Pijatan Ringan untuk Redakan Masalah Pencernaan
Mulai dari sembelit, perut kembung, mual hingga keracunan.

Dream - Menyantap makanan, bisa langsung meredakan rasa lapar. Namun pada beberapa kasus justru malah menimbulkan masalah pada perut dan pencernaan. Mulai dari sembelit, perut kembung, mual hingga keracunan.

Masalah pencernaan, menurut McKel Hill, seorang ahli gizi, masalah pencernaan sebenarnya dimulai dari mulut. Penting untuk selalu meluangkan waktu lebih lama mengunyah makanan dan menikmati setiap gigitan demi meningkatkan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

" Sistem pencernaan pun bekerja jadi lebih optimal dan mengurangi risiko masalah pada pencernaan," ungkapnya seperti dikutip dari Prevention.

Jika sudah terlanjur mengalami masalah pencernaan seperti mual, sembelit dan maag, salah satu hal penting yang bisa dilakukan adalah memberi pijatan pada perut atau abdominal massage.

" Aku merekomendasikan pijat perut dua menit sebelum makan. Melakukan pijatan perut ini juga membantu relaksasi sistem saraf, sehingga memberi sinyal pada usus bahwa sudah waktunya untuk maka," kata Hill.

1 dari 1 halaman

Begini Caranya

Pijat perut ini dapat membantu Sahabat Dream berlatih bernafas dan membuat tubuh, pikiran, dan usus Anda dalam bekerjaa dengan baik. Bagaimana caranya? Sangat mudah.

Berbaringlah telentang di atas matras yoga dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai.

 Olahraga© shutterstock.com

Lalu letakkan kedua tangan di atas perut dan pijat dengan gerakan memutar dengan telapak tangan dan ujung jari. Mulai searah jarum jam dan kemudian berlawanan arah jarum jam.

Berikan tekanan lembut pada area yang terasa lunak bagi. Bergeraklah dari kiri ke kanan perut dan kemudian di sepanjang bagian bawah tulang rusuk. Ulangi sampai bagian perut terasa rileks. Pastikan menghirup dan menghembuskan napas dalam-dalam.

Beri Komentar