Duduk Terlalu Lama Tumpuk Penyakit

Reporter : Irma Suryani
Rabu, 27 April 2016 13:41
Duduk Terlalu Lama Tumpuk Penyakit
Tubuh dirancang untuk mendapatkan istirahat

Dream - Kursi yang kamu duduki selama berjam-jam nyatanya bisa berbahaya untuk kesehatan. Dr James Levis, co-direktur dari Universitas Arizona menjelaskan, ketika duduk lama kemudian bangun, sejumlah molekul mengalami pergeseran.

Tubuh dirancang oleh Sang Pencipta untuk memiliki pergerakan setiap hari. Ketika kamu berhenti bergerak untuk waktu yang lama hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Berikut ini tiga organ yang bisa rusak akibat sering berlama-lama duduk:

Hati
Saat duduk, darah mengalir lebih lambat dan otot membakar lebih sedikit lemak, yang membuatnya lebih mudah untuk asam lemak menyumbat jantung.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Universitas Kardiologi di Amerika, misalnya, menunjukkan perempuan yang duduk selama 10 jam atau lebih sehari dapat memiliki risiko signifikan lebih besar dari penyakit jantung berkembang dibandingkan mereka yang duduk selama lima jam atau kurang.

Pankreas
Kemampuan tubuh untuk merespon insulin dipengaruhi pankreas yang memproduksi peningkatan jumlah insulin, dan ini dapat menyebabkan diabetes.

Penelitian yang dipublikasikan di Diabetologia menemukan, mereka yang duduk untuk periode terpanjang memiliki kemungkinan besar terkena diabetes atau penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 6 jam.

Kanker Usus
Kelebihan duduk dapat meningkatkan risiko usus besar, payudara, dan kanker endometrium. Mekanisme ini tidak diketahui secara pasti, tetapi bisa disebabkan oleh produksi insulin yang berlebihan, yang mendorong pertumbuhan sel, atau fakta bahwa gerakan yang teratur meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang dapat menghilangkan berpotensi menyebabkan kanker radikal bebas.

(Ism, Sumber : mercola.com)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak