Efek Lensa Kontak Ini Mengerikan

Reporter : Ratih Wulan
Jumat, 23 Desember 2016 12:42
Efek Lensa Kontak Ini Mengerikan
Wabita cantik ini hampir mengalami kebutaan karena sembarangan memakai kontak lensa yang dijual bebas di online shop.

Dream - Tren kecantikan membuat banyak perempuan senang mengenakan lensa kontak. Alat bantu melihat ini tak lagi dikenakan oleh mereka yang memiliki gangguan mata saja. Namun, dipakai juga untuk mempercantik diri.

Tapi, tahukah jika lensa kontak ini juga berpotensi menimbulkan bahaya? Meskipun banyak yang mengabaikannya, dengan alasan bisa menjaga kebersihan dan tidak memakainya berjam-jam.

Jika tidak percaya, simak kisah seorang perempuan bernama Nia berikut ini. Dilansir dari Ohbulan, disebutkan bahwa Nia adalah seorang penggemar berat lensa kontak.

Hingga suatu pagi, saat bangun tidur dan ingin membuka mata penglihatannya menjadi gelap. Mendadak Nia tak bisa melihat apa-apa. Hanya terasa perih dan gelap seperti orang buta. Sehingga air mata terus bercucuran seperti menangis.

Ia terus keheranan kenapa matanya tetap tak bisa dibuka. Jika dipaksakan, tetap tak nampak bayang-bayang benda di sekitarnya.

Begitu pula saat ia mencoba bangun dari tempat tidur, kepalanya justru terasa sangat sakit.

 

1 dari 3 halaman

Terus Keluarkan Air Mata

Dream - Dengan susah payah, Nia pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka. Meski telah membasuh wajahnya berulang kali namun rasa sakitnya tak kunjung berkurang.

Hingga akhirnya ia benar-benar menangis karena takut tak bisa melihat lagi selamanya. Suaminya sangat terkejut mengetahui keadannya.

Awalnya, dia hanya mengira bahwa Nia sedang bercanda dan main-main saja. Sang suami memaksa Nia untuk membuka mata, tapi tetap saja gagal dan terasa sakit.

Setelah itu, Nia pergi menemui dokter dan menanyakan apakah ia menjadi buta akibat pemakaian lensa kontak? Suami mengantarnya untuk memeriksakan mata ke klinik.

Sepanjang perjalanan menuju klinik, matanya ditutup oleh handuk karena air mata yang tak berhenti mengalir. Ditambah rasa perih yang makin menjadi-jadi karena terkena sinar matahari.

 

2 dari 3 halaman

Pesan Dokter

Dream - Saat masuk ke ruang dokter, kalimat pertama yang dokter tanyakan adalah, " Kamu pakai lensa kontak tidak sebelumnya?"

Lalu suami yang jawab, " Memang selalu pakai. Semalam pakai terakhir saat pergi ke pesta pernikahan. Pagi tadi bangun-bangun mata sudah seperti ini."

Nia ikut menambahkan, " Selama ini aku pakai tidak ada masalah. Aku cuci bersih-bersih baru pakai dan semua lensa tidak pernah pakai dua kali. Aku memang beli yang sekali pakai. Besoknya baru pakai yang baru."

Dokter pun memberikan penjelasan yang diakui Nia akan ia ingat selamanya.

" Sebenarnya efek dari lensa kontak ini bermacam-macam. Ada pakai sekali langsung kena infeksi, ada yang sudah pakai bertahun-tahun baru terkena, jadi tidak sama.

Cuma yang ingin saya pesankan, setelah ini kalau ingin tetap pakai, beli yang dari toko optik yang terpercaya. Itu pun tidak ada jaminan dokter.

 

3 dari 3 halaman

Tak Bisa Sembuh Total

Dream - Yang beli dari online dengan harga murah itu sudah pasti tidak ada jaminan dokter. Efeknya jangka panjang, menurut dokter, Nia beruntung sebab kasus ini termasuk berbahaya dan cepat-cepat diperiksakan. 

" Kalau terlambat, saya rasa mungkin Encik akan buta selamanya, tak peduli meski menjaganya selalu bersih dan tidak memakainya dua kali. Benda ini memang bahaya. Apa pun yang melibatkan mata harap Encik lebih berhati-hati setelah ini," kata dokter. 

Dokter menyebut, susah donor mata. " Bukan saya ingin menakut-nakuti Encik, tapi ini kenyataan. Sebelum ini sudah banyak kasus seperti ini, hanya ada yang buruk dan tidak."

Tapi akhirnya Nia merasa bersyukur karena penglihatan berangsur pulih 60 persen. Tapi tidak boleh terkena sinar secara langsung.

Setelahnya, Nia mesti pakai kacamata hitam sepanjang waktu. Menatap layar ponsel, laptop, atau televisi lama-lama kepala jadi pening. 

Beri Komentar