Jangan Mager! 3 Olahraga Ringan Ini Bisa Dijalankan di Rumah Saja

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 10 September 2021 15:35
Jangan Mager! 3 Olahraga Ringan Ini Bisa Dijalankan di Rumah Saja
Kurang aktivitas fisik meningkatkan risiko gangguan kesehatan, yuk mulai olahraga dengan cara seru dan sederhana ini.

Dream - Pandemi Covid-19 dikhawatirkan akan meningkatkan angka masyarakat yang minim melakukan kegiatan fisik untuk menjaga kesehatannya. Merujuk data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 dilaporkan sebanyak 33,5 persen masyarakat masih kurang beraktivitas fisik.

Masyarakat yang sebelumnya gemar berolahraga di luar ruangan atau ke tempat kebugaran (gym) bisa mengalami perubahan semangat ketika harus di rumah saja. Alasan tak ada ruangan di rumah yang cukup untuk melakukan olahraga juga sering digunakan.

Padahal aktivitas fisik secara teratur disertai asupan nutrisi lengkap untuk kebebasan bergerak telah terbukti bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

Anlene© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI pada konferensi Anlene Virtual Race, dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes mengatakan berkurangnya aktivitas fisik di masa pandemi ini tidak hanya dapat menyebabkan risiko fisik seperti penyakit tidak menular seperti hipertensi, stroke, dan diabetes.

" Juga dapat berujung ke risiko kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, gangguan tidur, stres, depresi, bahkan trauma,” jelasnya.

Pandemi tidak bisa menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Karena risiko penyakit di atas mengancam jika tidak melakukan perilaku hidup sehat dan aktif.

Agar lebih semangat, Sahabat Dream bisa mencoba aktivitas fisik yang sederhana berikut.

1 dari 4 halaman

3 Gerakan Dasar yang Seru dan Sederhana

Gerakan dasar tanpa peralatan olahraga seperti berjalan, berlari, dan melompat dapat dikategorikan sebagai latihan fisik selama dilaksanakan dengan prinsip Baik, Benar, Terukur, dan Teratur (BBTT) meskipun terbatas di rumah.

Sahabat Dream dapat mencoba gerakan dasar ini dengan berjalan 10.000 langkah di rumah dalam satu hari di waktu senggang setiap jamnya. Lalu melakukan aktivitas lari 1,5 kilometer per hari, dan lompat selama 30 menit per hari.

Anlene© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Bisa lakukan berjalan kaki bolak-balik setiap jam lalu jika tidak ada ruang cukup untuk berlari 1,5 km di rumah dapat disiasati dengan naik-turun tangga atau berkeliling rumah sebanyak beberapa putaran selama satu hari,” dr. Leny Pintowari, SpKO, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) pada kesempatan yang sama.

Untuk aktivitas lompat 30 menit, Sahabat Dream dapat menentukan jenis lompatan yang dipilih dari aplikasi kesehatan. UPayakan melakukan 2-4 set dengan repetisi 10-20 kali.

“ Ketiga kategori gerakan ini tetap dapat dilakukan baik bagi mereka yang pemula ataupun yang sudah lebih terlatih, dengan tetap memperhatikan kemampuan diri masing-masing,” tambah dr. Leny.

2 dari 4 halaman

Durasi Olahraga yang Ideal

Terkait durasi olahraga yang baik, para ahli merekomendasikan masyarakat untuk melakukannya selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit minimal 3-5 hari dalam seminggu.

Anlene© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari 3 sampai 5 kali per minggu,” jelas dr. Riskiyana.

Untuk para pemula yang baru mulai rutinitas aktivitas fisik bisa melakukannya dengan druasi 2x10 menit. Meski diakui dr Leni, idealnya durasi yang pas adalah 30 menit hingga maksimal 1 jam per hari.

“ Jika lebih banyak dari 1 jam maka harus dikonsultasikan dengan dokter agar bisa disesuaikan dengan tubuh kita,” tambah dr. Leny.

3 dari 4 halaman

Jadikan Rutinitas

Dr Leny menambahkan latihan fisik ini harus menjadi kebiasaan dan gaya hidup. Jika dijalankan dengan rutin dan konsisten, hormon endorphin akan keluar dan menyebabkan perasaan bahagia.

Leny© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kalau rutin dan konsisten, hormon endorphin. Ada perasaan senang dan bahagia. Nanti akan ingin terus untuk olahraga,” tambah dr. Leny.

4 dari 4 halaman

Ikuti Kompetisi Olahraga Seru, Hanya 3 Gerakan Dasar

Mendukung masyarakat Indonesia konsisten beraktivitas fisik meskipun di rumah saja, Anlene menyelenggarakan ‘Anlene Virtual Race’, yaitu kompetisi Berlari, Berjalan dan Melompat selama 10 hari secara online yang dimulai bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional.

Anlene© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Rhesya Agustine, Marketing Manager Anlene, Fonterra Brands Indonesia menjelaskan, kompetisi virtual ini bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia tetap konsisten beraktivitas fisik meskipun di rumah saja.

Digelar secara online sampai 18 September 2021, peserta Anlene Virtual Race bisa memilih kategori jalan 10.000 langkah per hari, lari 1,5 km per hari, dan lompat selama 30 menit per hari. Seluruh aktivitas itu selanjutnya dikirimkan melalui aplikasi 99 Virtual Race.

Di akhir periode, sistem aplikasi akan menentukan para finisher sekaligus memperoleh medali dan sertifikat Anlene Virtual Race.

Anlene juga mendukung kesehatan tulang masyarakat dengan meluncurkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X yang dapat membantu masyarakat bebas bergerak menjalani rutinitas aktivitas fisik setiap hari dan mengikuti kompetisi virtual di rumah.

Anlene© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Anlene Actifit 3X memiliki kandungan lengkap yang mampu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan energi sepanjang hari. Tiga keunggulan ini juga terdapat pada Anlene Gold 5X yang ditambahkan dengan kandungan superior yang mengurangi risiko terhadap penyakit yang terkait usia,” tambah Rhesya.

Beri Komentar