Jangan Musuhi Kuning Telur Demi Asupan Protein Optimal

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 17 Maret 2019 07:01
Jangan Musuhi Kuning Telur Demi Asupan Protein Optimal
Telur memiliki citra buruk, terutama bagian kuningnya. Ketahui faktanya.

Dream - Tidak diragukan lagi bahwa telur adalah sumber makanan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Telur bahkan menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Dalam sebutir telur terkandung protein, kalium, natrium, kalsium, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12. Semua bahan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk selalu dalam kondisi sehat,

Meski demikian, telur memiliki citra buruk, terutama bagian kuningnya.

Bagian ini dianggap memiliki kandungan tinggi lemak dan kolesterol yang bisa berdampak buruk pada level kolestorol dalam darah.

Benarkah demikian? Berikut ini penjelasan Allison Koch, M.S., R.D., C.S.S.D., pakar diet atlet di Chicago, Amerika Serikat

1 dari 2 halaman

Imbangi dengan Asupan Lain

" Orang-orang telah salah kaprah dengan kuning telur yang dikatakan bisa membuat kadar kolesterol naik. Sebutir telur mengandung banyak sekali gizi," ungkapnya seperti dikutip dari Bicycling.com.

Sebutir kuning telur mengandung sekitar 6 gram protein, 13 macam vitamin dan mineral, termasuk vitamin D dan E. Selain itu, satu butir telur juga mengandung 5 gram lemak, termasuk 1,5 gram lemak jenuh, dan 70 kalori.

Ini Cara Mendeteksi Telur Layak Dimasak© MEN

Untuk bagian putihnya, hanya mengandung 3 gram protein, dan dua macam mineral yaitu potasium dan sodium, serta 17 kalori. Lalu kuning telur juga mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk kolin untuk kesehatan mata dan otak.

" Memang, telur juga mengandung kolesterol, tapi tak berdampak langsung pada penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Kita harus mengimbangi dengan sumber makanan lain dan aktivitas fisik demi menjaga kolesterol darah," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Cocok untuk Mereka yang Ingin Membentuk Otot

Koch mengatakan mengonsumsi kuning telur dapat membantu atlet mempertahankan berat badannya dengan lebih baik, berkat kandungan proteinnya. Untuk mereka yang diet pun, telur pun jadi sumber protein yang sangat dianjurkan.

Makan Telur Setiap Hari, Sehatkah?© MEN

Bagi yang suka olahraga dan ingin membentuk otot, disarankan mengonsumsi telur secara utuh. Baik putih maupun kuningnya dan mengolahnya dengan direbus.

" Kuning telur juga membantu mereka membangun lebih banyak otot daripada hanya mengonsumsi bagian putihnya saja," pungkas Koch.(Sah)

Beri Komentar