Lebih Terjangkau, Berikut Cara Mensterilkan Masker N95 Menggunakan Microwave

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 16 Juli 2020 16:12
Lebih Terjangkau, Berikut Cara Mensterilkan Masker N95 Menggunakan Microwave
Metode sterilisasi ini dapat secara efektif membunuh semua virus termasuk virus corona penyebab Covid-19.

Dream – Penggunaan masker N95 tergolong paling efektif untuk menangkal Covid-19. Masker N95 ini pun bisa disterilkan dengan menggunakan microwave. Cara sterilisasi menggunakan micorwave ini dapat secara efektif membunuh semua virus, termasuk SARS-COV-2, virus penyebab Covid-19.

Menurut para peneliti, masker N95 dapat disterilkan menggunakan microwave tanpa merusak komposisinya. Tentu saja para petugas medis harus menjaga kebersihan masker N95 selama merawat pasien Covid-19 sebagai pencegahan penularan.

Dengan meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di seluruh dunia, banyak rumah sakit yang mengalami kekurangan alat pelindung diri, termasuk masker N95. Sehingga para petugas medis terpaksa memakai ulang masker N95 yang sudah dipakai. Padahal masker yang sudah dipakai seharusnya dibuang.

Namun, penggunaan kembali masker N95 itu diperbolehkan asalkan rumah sakit menerapkan teknik sterilisasi masker dengan menggunakan penguapan hydrogen peroksida, snar UV, dan inkubasi panas. Bagaimana cara mensterilkan masker N95 menggunakan microwave? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Metode Sterilisasi Lebih Terjangkau

Ilustrasi© freepik.com

Tim Peneliti di American Society for Microbilogy telah berhasil membuat alat dekontaminasi yang jauh lebih gampang diakses. Selain itu tentu saja juga lebih terjangkau untuk mensterilkan masker N95, yaitu dengan menggunakan microwave.

Kemudahan metode disinfeksi ini adalah karena sterilisasi hanya menggunakan peralatan rumah tangga berupa microwave.

Metode dekontaminasi uap yang dilakukan dengan menggunakan microwave ini akan sangat menguntungkan bagi pusat perawatan atau rumah sakit yang tidak memiliki alat sterilisasi berkapasitas tinggi.

Para peneliti melakukan penelitian ini dengan mempertimbangkan pengaturan perawatan kesehatan, sehingga tidak ada salahnya mencoba metode yang sama di rumah masing-masing. Cara mensterilkan masker N95 menggunakan microwave akan dijelaskan secara rinci di bawah ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mensterilkan Masker N95 Menggunakan Microwave

Ilustrasi© freepik.com

Untuk melakukan metode ini, kamu memerlukan beberapa bahan seperti, air, wadah gelas, jaring (mesh), karet gelang, dan microwave 1.100 atau 1.150 watt. Berikut cara mensterilkan masker N95 menggunakan microwave:

1) Isi wadah gelas dengan 60 ml air.

2) Letakkan mesh di atas wadah gelas dan kencangkan dengan karet gelang.

3) Letakkan masker N95 yang akan disterilisasi di atas jaring.

4) Masukkan ke dalam microwave selama 3 menit.

Menurut peneliti, cara mensterilkan masker N95 menggunakan microwave dapat secara efektif membunuh semua virus.  James E Kirby dari Beth Israel Deaconess Medical Center of Harvard mengatakan cara ini sangat sederhana namun bisa bekerja dengan sangat baik.

Hasil penelitian menunjukkan masker N95 dapat digunakan sebanyak 20 kali dengan selalu menerapkan metode sterilisasi tersebut tanpa mengalami kerusakan. Jenis masker N95 yang digunakan para peneliti untuk ujicoba tersebut memiliki ptongan logam di atasnya, namun tidak menyebabkan pemanasan atau percikan selama 20 kali siklus pengujian.

3 dari 3 halaman

Masker N95 Cegah Terhirupnya Droplet dari Udara

Ilustrasi© freepik.com

Bukti yang muncul menunjukkan bahwa virus corona Covid-19 dapat mengudara dan ditularkan melalui tetesan aerosol. Penelitian ini semakin memperkuat pentingnya menggunakan masker N95 saat berada di tempat umum dan rumah sakit.

Penelitian terbaru menunjukkan masker N95 satu-satunya jenis masker yang dapat mencegah terhirupnya droplet atau tetesan seukuran aerosol.

Akan tetapi, karena persediaan terbatas, maka masker N95 ini dikhususkan bagi para petugas medis. Sebab mereka lebih intens bekerja di sekitar orang yang terinfeksi virus. Sehingga Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak merekomendasikan masker N95 untuk digunakan oleh masyarakat umum.

Sementara itu, masker bedah memang dapat membantu mencegah masuknya tetesan partikel besar, percikan, semprotan. Tetapi masker bedah tidak bisa menyaring partikel droplet yang sangat kecil di udara yang dapat ditularkan melalui batuk, bersin atau prosedur medis tertentu.

Ketika penemuan baru menunjukkan penularan baru virus corona Covid-19 melalui udara, banyak orang cenderung beralih ke masker N95.

Sumber: The Health Site

Beri Komentar