7 Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jantung

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 18 Mei 2022 09:14
7 Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jantung
Pepaya muda juga bagus untuk meningkatkan produksi ASI.

Dream – Pepaya adalah salah satu buah populer di Indonesia. Bagaimana tidak, buah ini hampir ada di setiap daerah. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang memiliki pohon pepaya di rumahnya masing-masing. Tak mengherankan jika bukan menjadi hal yang sulit bagi sahabat Dream untuk menemukan pepaya sekaligus dengan harga yang ramah kantong.

Tapi, tunggu dulu. Pepaya yang bisa sahabat Dream konsumsi tidak hanya yang sudah matang saja lho. Pepaya muda juga bisa kamu konsumsi. Manfaat buah pepaya muda ini tidak bisa kamu anggap sebelah mata. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu juga kaya akan folat dan berbagai mineral.

Pepaya muda biasanya bisa diolah menjadi hidangan-hidangan yang lezat, misalnya saja ditumis. Daripada makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat buah pepaya muda bagi kesehatan yang dirangkum oleh Dream melalui sehatq.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah pepaya muda yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini karena pepaya muda kaya akan kandungan enzim papain yang mampu mencerna protein. Inilah yang nantinya bisa menghindarkan kamu dari masalah pencernaan.

Nah, bagi kamu yang suka mengonsumsi daging, cocok sekali mengonsumsi pepaya muda karena enzimnya sangan baik untuk tubuhmu. Selain itu, pepaya muda juga adalah pencahar alami yang bisa meredakan sembelit. Tentunya ini menjadi obat alami yang bisa kamu pilih, terutama dalam mengatasi disentri.

Membantu Mengatasi Infeksi

Manfaat buah pepaya muda yang jangan sampai terlewatkan adalah mampu mengatasi infeksi. Hal ini karena adanya senyawa aktif yang bersifat antimikroba dan antioksidan. Bagi sahabat Dream yang mengonsumsi pepaya muda, maka akan membantu dalam mengatasi infeksi akibat bakteri.

Selain itu, buah ini juga bisa melindungi dirimu dari serangan radikal bebas yang berbahaya. Dengan begitu, pepaya muda ampuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah dari datangnya penyakit dikarenakan infeksi.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jantung menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung, misalnya dari memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang bisa sahabat Dream pilih agar terhindar dari risiko penyakit jantung adalah pepaya muda.

Hal ini karena pepaya muda memiliki kandungan asam folat yang mampu mengurangi kadar homosistein yang berhubungan dengan rusaknya dinding pembuluh darah karena serangan jantung. Jika kadar homosistein dalam darah terkontrol, maka akan mengurangi risiko dari pembuluh darah yang rusak.

Sahabat Dream juga perlu tahu bahwa pepaya muda memiliki kandungan berupa fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah serta mengurangi risiko pembekuan darah yang menjadi pemicu dari adanya penyakit stroke dan serangan jantung.

Mengurangi Tanda-tanda Penuaan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah impian setiap orang. Jika kulit sudah menunjukkan adanya tanda-tanda penuaan, hal ini menjadi masalah tersendiri bagi seseorang. Nah, sebagai upaya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan adalah dengan mengonsumsi pepaya muda.

Hal ini karena pepaya muda memiliki kandungan berupa antioksidan polifenol, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Tak hanya mengurangi tanda penuaan saja, pepaya muda juga bisa mencegah dari jerawat, mencerahkan, dan meratakan kulit.

Cara mendapatkan manfaatnya adalah dengan menyediakan pepaya muda lalu dijadikan jus bersamaan dengan kulitnya. Kemudian dicampur dengan madu dan dioleskan ke kulit. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Produksi ASI

Bagi perempuan yang baru saja melahirkan, maka tahap selanjutnya adalah tahap menyusui. Di mana ini juga menjadi masa yang sangat penting bagi tumbuh-kembang bayi. Karena ASI adalah makanan pokok bayi dan mengandung nutrisi yang sangat lengakp. Oleh karena itu, asupan ASI bayi haruslah diusahakan dengan sebaik mungkin.

Demi melancarkan produksi ASI, maka sahabat Dream bisa mengonsumsi pepaya muda. Pepaya muda memiliki kandungan senyawa yang mampu memengaruhi estrogen dan juga meningkatkan produksi ASI.

Menyembuhkan Luka

Manfaat buah pepaya muda yang tak kalah istimewa adalah bisa menyembuhkan luka. Hal ini karena adanya kandungan berupa papain dan chymopapain yang ampuh dalam mengatasi peradangan pada kulit, menyembuhkan luka, dan mencegah terjadinya infeksi karena luka.

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat buah pepaya muda berikutnya adalah bisa meredakan nyeri haid. Bagi para perempuan biasanya akan merasakan nyeri di setiap bulannya ketika masa haid telah tiba. Kondisi ini bisa menghambat aktivitas perempuan karena nyeri yang dirasakan itu. Bahkan ada juga yang mengalami dengan parah sehingga harus istirahat.

Nah, untuk meredakan nyeri haid bisa diatasi dengan mengonsumsi pepaya muda. Hal ini karena pepaya muda memiliki sifat antiinflamasi dan senyawa yang bisa memengaruhi kadar hormone. Jadi, buah ini bisa diandalkan untuk mengatasi nyeri haid yang kerap dialami perempuan setiap bulannya.

Beri Komentar