Minuman Bersoda Sama Bahayanya dengan Rokok!

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 22 Oktober 2014 10:01
Minuman Bersoda Sama Bahayanya dengan Rokok!
Keduanya dapat mempercepat proses penuaan sel-sel kekebalan tubuh.

Dream - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health menemukan, kebiasaan mengkonsumsi soda bergula setiap hari dapat mempercepat proses penuaan sel-sel kekebalan tubuh hampir dua tahun.

Elissa Epel, peneliti senior sekaligus profesor jurusan Psikiatri University of California, San Francisco (UCSF), ingin mencari tahu hubungan antara soda dengan kondisi seperti diabetes, serangan jantung, obesitas.

Dia mempelajari telomere, topi proteksi yang berada di ujung kromosom setiap sel dalam tubuh manusia, dari sel-sel darah putih. Telomere pendek telah dikaitkan dengan jangka hidup manusia dan gangguan kesehatan seperti stres, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit mematikan lainnya.

Epel dan timnya telah menganlisa data dari 5,309 orang dewasa selama 14 tahun dan menuangkannya dalam National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES).

Mereka menemukan orang yang banyak minum soda bergula cenderung memiliki telomere lebih pendek. Di samping itu ditemukan adanya hubungan antara panjang dan pendek telomere dengan kebiasaan merokok.

" Semakin besar gula yang masuk dalam tubuh saat minum minuman bergula, ternyata beracun bagi metabolisme tubuh," katanya. Hanya minuman manis bersoda yang memiliki efek terhadap tubuh. Namun dia tidak melihat adanya hubungan antara minuman manis non-karbonasi, seperti jus jeruk, dengan telomere.

" Namun intinya, semua minuman manis yang berlebihan punya hubungan dengan penuaan sel dan itu buruk bagi tubuh," imbuhnya.

Panjang telomer akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa panjang telomer bisa ditingkatkan sebanyak 10 persen selama 5 tahun dengan menguarangi stres dan makan sehat serta minum minuman tanpa soda.

(Ism, Sumber: UPI.com)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak