Pakai Helm Picu Kebotakan, Mitos atau Fakta?

Reporter :
Rabu, 28 November 2018 11:40
Pakai Helm Picu Kebotakan, Mitos atau Fakta?
Asumsi yang paling umum adalah penutup kepala atau helm mencegah kulit kepala bernapas yang menyebabkan kurangnya suplai oksigen.

Dream - Mengunakan helm saat mengendarai kendaraan motor merupakan hal wajib. Bukan cuma menaati peraturan, tapi demi keamanan dan keselamatan. Banyak juga yang malas menggunakan helm karena masalah rambut.

Beberapa orang beranggapan kalau helm yang dipakai setiap hari dalam jangka waktu lama bisa memicu kebotakan. Hal tersebut ternyata hanya mitos.

Seorang spesialis bedah transplantasi rambut dan konsultan dermatologi, dr. Sah Gaurang Krishna, MD (AIIMS) dengan jelas menyatakan, memakai helm, topi, atau penutup kepala tidak ada hubungannya dengan penyebab rambut rontok atau botak.

Asumsi yang paling umum adalah penutup kepala atau helm mencegah kulit kepala bernapas yang menyebabkan kurangnya suplai oksigen sehingga akan mengalami kerontokan rambut. Ternyata asumsi tersebut tidaklah benar.

" Folikel rambut tidak bergantung pada udara untuk menerima oksigen, melainkan akan menerima oksigen dari aliran darah," kata dr. Sah, seperti dikutip dari Healthsite.

Tapi memang penggunaan helm atau penutup kepala terlalu kencang,dapat mengganggu sirkulasi udara, yang menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, helm atau topi yang kotor dapat menyebabkan infeksi kulit kepala bisa jadi penyebab kerontokan.

Berikut beberapa tips saat menggunakan head gear atau helm agar terhindar dari masalah rambut:

- Selalu lepaskan dan kenakan helm dengan perlahan.

- Penggunaan helm yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut rontok, terutama bila memiliki yang rambut tipis. 

- Topi atau helm yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Jadi, bersihkan penutup kepala secara rutin.

- Bisa juga menutupi kepala dengan sapu tangan atau kain bersih untuk melindungi dari kotoran helm.


(ism, Laporan Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik