Streptococcus Tonsilitis Bikin Cita Citata Harus Dioperasi, Kenali Gejalanya

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 3 September 2020 11:28
Streptococcus Tonsilitis Bikin Cita Citata Harus Dioperasi, Kenali Gejalanya
Penyakit tersebut rupanya membuat Cita tersiksa selama bertahun-tahun.

Dream - Beberapa hari lalu Cita Citata mengunggah pengalamannya di media sosial harus menjalani operasi. Ia memperlihatkan wajahnya yang kemerahan dan pucat. Dari unggahan tersebut Cita mengungkap kalau dirinya mengalami masalah tonsilitis.

Penyakit tersebut membuat tonsil atau amandelnya mengalami peradangan. Amandel penyanyi dangdut itu ternyat terkena bakteri streptococcus yang membuatnya meradang. Dokter memvonisnya streptococcus tonsilitis.

Untuk menyembuhkannya, amandel yang sudah meradang itu harus diangkat melalui operasi. Alhamdulillah, operasi berjalan lancar dan ita kini sedang dalam tahap pemulihan. Penyakit tersebut rupanya membuat Cita tersiksa selama bertahun-tahun.

Ia kerap mengalami gatal di sekujur tubuh dan mengalami ruam pada kulit. Mengapa bisa demikian?

Dikutip dari KlikDokter, tonsil atau amandel yang berada pada bagian belakang tenggorokan merupakan kumpulan kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai penyaring untuk menjebak kuman yang masuk ke saluran napas.

 

1 dari 5 halaman

Tonsil juga memproduksi antibodi untuk melawan infeksi, namun juga dapat terinfeksi. Peradangan atau infeksi pada tonsil dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Penyebab tersering adalah bakteri Streptococcus. Penyebab umum lainnya adalah adenovirus, virus influenza, virus Epstein-Barr, virus parainfluenza, enterovirus dan virus herpes simpleks.

Pada umumnya radang amandel bukanlah kondisi yang sangat serius dan membahayakan. Penderitanya akan merasakan sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, dan batuk. Namun dalam beberapa kondisi bisa menyebabkan masalah serius seperti yang dialami Cita Citata.

 

2 dari 5 halaman

Gejala

Gejala utama dari radang amandel atau tonsilitis adalah peradangan dan bengkak dari amandel. Pada kasus yang parah, pembengkakan tonsil dapat menutupi jalan napas dan menyulitkan penderitanya untuk bernapas.

Batuk© Shutterstock

Gejala lainnya berupa, nyeri tenggorokan, amandel menjadi kemeraha, terdapat lapisan putih atau kuning pada amandel, lecet atau bisul di tenggorokan, sakit kepala, penurunan nafsu makan, sakit telinga, kesulitan menelan atau bernapas lewat mulut, demam sampai mengigil.

Bila mengalami gejala tersebut segera konsultasi dengan dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan). Jangan sepelekan gejala dan masalah amandel, karena jika sudah parah bisa mempengaruhi kondisi tubuh secara signifikan.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Dikira Alergi, Ternyata 5 Tahun Cita Citata Lawan Penyakit Ini

Dream - Cita Citata menunjukkan foto kondisi wajah yang memprihatinkan. Kulit wajah pedangdut asal Bandung itu dipenuhi bercak kemerahan. Kondisi itu sudah terjadi lima tahun terakhir, muncul dan menghilang.

Kondisi itu terjadi karena kekebelan tubuh pelantun tembang Goyang Dumang tersebut menurun. Menurut Cita, bercak merah yang terasa gatal muncul di kulitnya jika ada perubahan kondisi di sekitarnya.

" Gejala mulanya menyerang kulitku .. hampir setiap hari aku selalu merah merah bentol dan gatalnya bukan main .. pokoknya setiap kena benda yang agak sedikit tajam, perubahan udara dingin/panas langsung memerah,kena debu dan kotor juga. itu sangat mengganggu sekali," tulis Cita Citata di Instagram.

Cita Citata© Cita Citata

Wanita 26 tahun itu sudah melakukan berbagai cara untuk penyembuhan, mulai ke dokter dan profesor terbaik sampai melakukan berbagai treatmen dan minum vitamin untuk menyembuhkan alerginya itu. Tapi hasilnya selalu nihil, tidak ada perubahan sama sekali.

" Berbagai cara aku lakukan mulai dari check alergi sampai cari dokter dan profesor terbaik .. suntik steamcell, minum obat hingga vitamin .. tapi ngga pernah ada hasil .. selalu nihil. beberapa profesor bilang sistem imun ku yang terganggu.. dan aku selalu fikir aku baik baik saja .. ngga pernah ada sakit,lelah atau gampang capek..,"  ucapnya.

" Tahun ke tahun aku mulai bodo amat dan kalau ada orang yang nanya “ ko itu merah2?”“ ya ampun kenapa kamu?”udah ngga aku pedulikan, jawabannya cuma “ alergi,"  imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Idap Penyakit Streptococcus Tonsillitis

Akhir bulan lalu, Cita Citata mengaku tubuhnya terasa meriang. Suhu badannya panas dan naik turun sampai 390 Celcius. Ia merasa panik lantaran tubuhnya panas di tengh pendemi corona. Cita Citata akhirnya memutuskan memanggil dokter ke rumah dan divonis sakit Streptococcus.

" Aku panggil dokter ke rumah dan aku di diagnosa sakit “ Streptococcus tonsillitis” adalah pembengkakan amandel. dokter menyarankanku untuk melakukan operasi pengangkatan. carilah aku jadwal karna after operasi aku pasti harus bedrest dan cuti,"  ucapnya.

" Sebelum operasi Swap, rapid check jantung dll ..akhirnya operasi berjalan lancar.. dan amandelku ternyata memang sudah rusak, berlubang dan besar," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Sembuh

Kini, Cita bersyuur bercak merah yang kerap muncul di tubuhnya menghilang. Ia juga tidak pernah merasakah gatal atau pun tubuhnya bentol-bentol merah akibat penyakit amandelnya itu.

" Eh tanpa aku sadari 2 hari pertama aku mulai melihat gejala merah merah itu sudah tidak ada .. aku sudah tidak pernah merah, bentol dan gatal lagi .. ternyata memang amandel (tonsil) ini berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh .. tapi kalau sudah tidak berfungsi justru malah akan menjadi penyakit untuk tubuh kita sendiri,"  tuturnya.

Meski sudah sembuh, Cita Citata saat ini masih dalam pemulihan pasca tindakan operasi yang dilakukan untuk pengangkatan amandelnya itu.

" Dan sekarang aku masih di fase penyembuhan paska operasi .. tapi masih ngga nyangka “ alergi” ku sembuh dan ngga pernah kumat lagi,"  ucapnya.

Beri Komentar