Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Senin, 4 Mei 2020 16:16
Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan
Selain rasanya yang manis, madu juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan saat puasa.

Dream - Saat ini umat Islam di seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Ibadah puasa yang dijalankan selama 1 bulan lamanya, melatih umat Islam untuk menahan nafsu dan meningkatkan ibadah. 

Ketika menjalankan puasa Ramadhan, tentu kita harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop. Kebiasaan makan dan pola tidur yang berubah, membuat kita rawan jatuh sakit.

Sumber Energi, Ini Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan© MEN

Ada berbagai asupan makanan alami yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa Ramadhan.

Salah satunya dengan konsumsi madu. Rasanya yang manis, tentu membuat banyak orang menyukainya untuk kudapan sahur maupun berbuka puasa.

Selain rasanya yang manis, madu memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan. Dilansir dari liputan6, berikut beberapa manfaat madu untuk menjaga kesehatan saat puasa Ramadhan. Simak yuk: 

1 dari 7 halaman

Sumber Energi

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari Agar Lebih Berenergi© MEN

Manfaat madu untuk menjaga kesehatan saat puasa Ramadhan adalah sebagai sumber energi. Menurut USDA, madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Dengan jumlah tersebut, madu digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi.

Madu juga bisa dijadikan pengganti gula. Karena rasanya yang manis, madu bisa jadi alternatif pengganti gula bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Selain itu, karbohidrat di dalamnya dapat dengan mudah diubah menjadi glukosa, karena sangat sederhana bagi tubuh untuk mencerna zat murni dan alami ini.

2 dari 7 halaman

Menjaga Imun Tubuh

Manfaat madu untuk menjaga kesehatan saat puasa adalah menjaga imun tubuh. Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Kandungan antioksidan ini juga baik untuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan kering, dan menghilangkan dahak.

Dengan konsumsi madu saat puasa, kita bisa menjaga imun tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Madu murni dan organik mengandung banyak enzim, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri.

3 dari 7 halaman

Menjaga Metabolisme Tubuh

Tips Merawat Kulit Ketiak Agar Tetap Sehat dan Cerah© MEN

Manfaat madu untuk menjaga kesehatan saat puasa Ramadhan selanjutnya adalah dapat menjaga metabolisme dalam tubuh. Madu dinilai mampu melancarkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

Kamu bisa mencampurkan madu dengan air dan dikonsumsi pada saat sahur. Ketika mengkonsumsi madu itu, maka nantinya dapat membantu tubuh mencerna nutrisi yang terkandung di dalam makanan kita.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Perut Kembung

Terkadang ketika berbuka puasa, perut akan terasa kembung. Manfaat madu untuk menjaga kesehatan saat puasa juga bisa untuk mengatasi perut kembung. 

Untuk meredakan perut kembung itu, kamu bisa mencoba meminum air hangat yang dicampur dengan madu murni.

Minuman ini berfungsi untuk menetralkan gas yang ada di dalam perut. Selain itu, air madu hangat juga dapat membantu tubuh agar terhindar dari dehidrasi setelah berpuasa.

5 dari 7 halaman

Kendalikan Berat Badan

5 Kesalahan yang Bikin Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan© MEN

Madu juga mampu mengendalikan berat badan. Lemak yang masuk ke dalam tubuh dapat dibakar dengan memanfaatkan madu yang sudah dicairkan dengan air hangat.

Melalui cara ini, lemak yang ada di dalam tubuh akan terbakar dan diubah menjadi energi untuk tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

6 dari 7 halaman

Cegah Sembelit

Manfaat madu untuk menjaga kesehatan saat puasa juga bisa dilakukan untuk mencegah sembelit.

Jika perubahan pola makan selama puasa menyebabkan kamu kesulitan untuk buang air besar, air madu hangat bisa menjadi pilihan solusi.

Kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membantu mengurangi kadar keasaman dalam perut sekaligus meningkatkan produksi lendir dalam usus.

7 dari 7 halaman

Menahan Lapar

ilustrasi lapar© shutterstock

Saat puasa terkadang kita merasa lapar. Manfaat madu juga dapat menahan lapar saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi satu sendok madu, maka dapat membantu memberikan rasa kenyang pada tubuh.

Hal tersebut dikarenakan kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam madu, di mana satu sendok madu setara dengan 17 gram karbohidrat.

 

Beri Komentar