Terungkap! Misteri Kolam Renang Olimpiade yang Berubah Hijau

Reporter : Puri Yuanita
Minggu, 14 Agustus 2016 12:02
Terungkap! Misteri Kolam Renang Olimpiade yang Berubah Hijau
Federasi Renang Internasional (FINA) menegaskan bahwa perubahan air di kolam renang di Pusat Akuatik Maria Lenk itu disebabkan oleh...

Dream - Seperti diberitakan sebelumnya, para atlet merasa bingung setelah air di kolam renang yang dipakai untuk cabang loncat indah di Olimpiade Rio 2016 berubah warna menjadi hijau pada Selasa kemarin. Mereka kemudian mengungkapkan kebingungan dan rasa penasaran di media sosial.

Namun Federasi Renang Internasional (FINA) menegaskan, perubahan air di kolam renang di Pusat Akuatik Maria Lenk itu disebabkan oleh ketidakseimbangan unsur kimia dalam kolam air. Alhasil, warnanya berubah dari biru menjadi hijau.

" Penyebab warna air di kolam untuk cabang loncat indah itu berubah karena tangki air di kolam itu, kehabisan beberapa unsur kimia yang digunakan dalam proses pengolahan air," jelas pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh FINA.

Lebih lanjut, FINA menjelaskan akibat dari itu, tingkat PH air menjadi tidak normal dan menyebabkan perubahan warna seperti yang dilihat.

" Komite Medis FINA telah melakukan tes terhadap kualitas air di kolam dan menegaskan tidak ada risiko terhadap kesehatan atau keselamatan atlet, dan juga tidak akan mempengaruhi kompetisi," tambah pernyataan itu lagi.

Pada Selasa, warna air di kolam cabang loncat indah di Pusat Akuatik Maria Lenk berubah berwarna hijau sehingga menimbulkan kekhawatiran masyarakat tentang keselamatan atlet yang berlomba di kolam tersebut.

(Ism, Sumber: sinarharian.com.my)

Beri Komentar