Terungkap, Cara Musik Pengaruhi Mood Seseorang

Reporter : Ratih Wulan
Rabu, 28 Desember 2016 19:44
Terungkap, Cara Musik Pengaruhi Mood Seseorang
Seseorang mendadak bisa berubah menjadi senang ataupun sedik ketika mendengarkan sebuah lagu, ternyata ini penyebabnya.

Dream - Mendengarkan musik ternyata dapat menimbulkan perubahan emosi dalam diri seseorang. Berdesarkan sebuah penelitian, musik dapat meningkatkan hormon dopamin pada otak sehingga bisa mempengaruhi mood.

Namun, pengaruh musik berbeda-beda pada setiap individu. Hal itu tergantung pada kadar hormon dopamin yang dimilikinya. 

Sebuah studi menemukan dopamin D2 reseptor (DRD2) termodulasi dari musik yang didengarkan, sehingga dapat memengaruhi mood, emosi serta segala aktivitas otak.

" Dalam studi kami walaupun musik bukanlah obat-obatan kimia, namun ia dapat meregulasi mood dan emosi seseorang yang tentunya berdampak pada perilaku orang tersebut," ungkap Profesor di Universitas Aarhus, Denmark, Elvira Brattico.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 38 partisipan, 26 diantaranya yang memiliki hormon DRD2GG, mengalami peningkatan mood setelah mendengarkan musik. Sedangkan 12 partisipan lainnya yang memiliki hormon G, mengalami perubahan mood yang buruk setelah mendengarkan suara bising.

Dari penelitian tersebut membuktikan jika gen yang bervariasi serta hormon dopamin dapat memengaruhi perubahan mood dan emosi pada diri seseorang.

(Sumber: TimesofIndia)

(Sah/Laporan: Sartika Septiana)

 

Beri Komentar