Tips Cegah Anak Stres Jalani Masa Pandemi, Yuk Bunda Praktikkan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 24 Oktober 2020 19:30
Tips Cegah Anak Stres Jalani Masa Pandemi, Yuk Bunda Praktikkan
Bisa berkomunikasi lebih menarik dengan dongeng.

Dream - Masalah mental menjadi hal yang umum dibicarakan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. 

Stres pada anak bisa disebabkan keterbatasan mereka untuk bermain di luar ruangan dan berinteraksi dengan teman sebayanya.

Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini mengungkapkan terjadi peningkatan jumlah pasien akibat banyak orangtua maupun anak stres selama tujuh bulan masa pandemi. Dalam mengatasi stres pada anak, orangtua menjadi sosok utama.

" Semangati anak dengan tetap menjaga komunikasi dengan temannya melalui virtual, dengan tukar foto atau tegur sapa," tutur Sani dalam talkshow Covid dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB, Sabtu 24 Oktober 2020 dilansir dari Covid19.go.id.

1 dari 1 halaman

Tips untuk orangtua

Meski begitu, orangtua harus menenangkan diri terlebih dulu untuk bisa memberikan pengertian pada anak bahwa pandemi Covid-19 akan berakhir.

Tentunya, orangtua harus memberi tahu dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak dan menggunakan cara menyenangkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah membacakan dongeng.

Orangtua bisa menggunakan alat bantu yang dekat dengan anak seperti sepatu atau setrika plastik untuk mempermudah pemahaman.

" Dengan menggunakan alat bantu barang yang dekat dengan anak, mereka akan senang dan pesan bisa sampai," kata Agus Nur Amal, Pendongeng asal Aceh.

(Sumber: Covid19.go.id)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar