Tips Menjaga Pernafasan Saat Kehidupan The New Normal Dimulai

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 23 Mei 2020 03:45
Tips Menjaga Pernafasan Saat Kehidupan The New Normal Dimulai
Maksimalkan pencegahan paparan virus Covid-19.

Dream - Beberapa negara mulai mengakhiri lockdown dan tempat umum pun terlihat ramai. Seiring dengan berakhirnya lockdown, kesehatan tubuh pun kian terancam.

Kehidupan the new normal dimulai.  Kamu harus mulai memerhatikan kesehatan tubuh. Salah satunya dengan menjaga kesehatan sistem pernafasan.

Dilansir dari Times of India, berikut tips menjaga kesehatan sistem pernafasan agar terhindar dari virus Covid-19.

Mengontrol Polusi Udara

 Beraktivitas di Luar Ruangan© Shutterstock.com

Penelitian menemukan keterkaitan antara jumlah kematian akibat Covid-19 dengan tingkat polusi yang tinggi. Partikel dalam polusi udara dapat menjadi agen penyebaran virus Covid-19.

Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan kualitas udara untuk mengatasi pandemi. Polusi juga dapat memperburuk imunitas tubuh, sehingga orang lebih mudah terpapar virus.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan umum, tidak membakar daun atau sampah, lebih banyak mendaur uang serta mematikan lampu ketika tidak digunakan.

1 dari 3 halaman

Membuat Ventilasi

 Ventilasi Udara© Shutterstock.com

Ventilasi dapat menjaga aliran udara tetap bersih dan sehat. Jadi, pastikan kamu membuka jendela ruangan agar udara tetap mengalir dan menjaga kesehatan paru-paru. Kamu juga bisa menggunakan pembersih udara.

2 dari 3 halaman

Beraktivitas di Luar Ruangan

 Berolahraga di Luar Ruangan© Shutterstock.com

Hiruplah udara segar di luar ruangan sambil tetap menjaga jarak. Kamu bisa beraktivitas di balkon, halaman belakang atau teras agar paru-parumu tetap sehat.

3 dari 3 halaman

Menghirup Nafas Panjang

 Berlatih Pernafasan© Shutterstock.com

Biasakan untuk melatih pernafasan secara rutin selama 10-15 menit di pagi hari. Lalu, berjalan kaki selama 10 menit. Ini dapat meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh.

Latihan pernafasan akan memicu lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam sel tubuhmu. Sehingga, organ dan keseluruhan tubuhmu dapat bekerja lebih baik.

Tarik Nafas Melalui Hidung

Menarik nafas melalui hidung bermanfaat untuk membersihkan udara yang masuk dengan bulu serta selaput lendir. Sehingga, kamu terhindar dari berbagai penyakit.

Berlatihlah menarik nafas melalui hidung di pagi hari. Kebiasaan melatih pernafasan dapat mencegah stres dan menenangkan pikiran.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar