Waspada! Kelainan Katup Picu Gagal Jantung

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 4 April 2019 08:13
Waspada! Kelainan Katup Picu Gagal Jantung
Periksakan jantung secara teratur.

Dream - Penyakit gagal jantung dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya kelainan katup jantung. Meski tidak menyebabkan gagal jantung sebanyak hipertensi, kelainan katup jantung harus diwaspadai.

Katup jantung berfungsi sebagai gerbang atau pintu masuk darah ke dalam jantung. Tubuh manusia memiliki empat katup yang selalu terbuka dan menutup setiap kali jantung berdenyut.

" Kalau salah satu katupnya rusak, beban ke jantung jadi meningkat. Volume darah yang masuk jadi bertambah dan arusnya tidak benar. Karena kerja jantung yang lebih berat akhirnya pasien mengalami gagal jantung," papar Dicky Armein Hanafy, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Jakarta, Selasa 2 April 2019.

Jika sudah mencapai tahap gagal jantung, pasien dapat meninggal secara mendadak. Jantung mulai membengkak dan kehilangan kemampuan memompa darah ke seluruh tubuh.

Untuk memperbaiki katup jantung yang rusak dapat dilakukan dengan dua metode. Jika tanpa operasi, katup jantung yang rusak dapat dibantu dengan memakai kateter.

" Ada juga yang melakukan operasi jantung terbuka untuk menggantinya dengan katup biologis ataupun mekanik," ujar dr. Dicky.

Pasien yang melakukan operasi pergantian katup harus melalui proses pemulihan di rumah sakit selama satu minggu. Selanjutnya, pasien akan melewati masa 3 bulan rehabilitasi agar beradaptasi dengan katup yang baru. (ism) 

Beri Komentar