CONNECT WITH US!

Terkuak! Inilah Daerah dengan Sanitasi Terbaik di Indonesia

Reporter : Gladys Velonia | Kamis, 12 Oktober 2017 18:15
Foto: Dream.co.id/Gladys Velonia.
Salah satu daerah di Indonesia telah berhasil memenuhi 100% sanitasi baik dan disebut Imran akan segera mendeklarasikannya sebagai daerah pertama di Indonesia yang mencapai prestasi itu.

Dream - Daerah Istimewa Yogyakarta dinobatkan sebagai wilayah dengan sanitasi paling baik di Indonesia. Wilayah ini menjadi daerah pertama di Tanah Air yang sistim sanitasinya seratus persen dinyatakan layak.

" Katanya akan secara langsung dideklarasikan pada November," ucap Imran Agus Nurali, Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 12 Oktober 2017.

Penilaian ini merupakan bagian dari program kerja Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Melalui program ini, pemerintah ingin menciptakan Indonesia sebagai negara dengan universal akses pada tahun 2019.

" Universal akses itu ada tiga, yang pertama seratus persen akses air minum, seratus persen sanitasi yang layak, dan nol persen wilayah kumuh," tambah Imran.

Untuk menunjang program ini, pemerintah telah menciptakan aplikasi khusus untuk mengetahui dan mengontrol tingkat sanitasi yang dimiliki oleh seluruh keluarga di Indonesia. Aplikasi trsebut sudah bisa diunduh di Playstore.

" Nama aplikasinya STBM-SMART, pilh kategori umum, nanti bisa lihat real time akses sanitasi di Indonesia. Perpagi ini, sebesar 70,08% kepala keluarga yang sudah menggunakan jamban, artinya sanitasinya sudah baik," jelas Imran.

Menurut Imran, penggunaan jamban sebagai indikator sanitasi baik merupakan cara yang tepat karena kesehatan juga berasal dari cara buang air besar yang baik. Pemerintah tengah berupaya membuat masyarakat buang air di jamban yang layak, bukan di sungai dan tanah.

" Targetnya 2019 harus 100%. Dengan berbagai program dan pendekatan dan kerja sama juga dengan PKK supaya bisa lebih menjangkau luas lagi, kami optimis 2019 tercapai universal akses," tegas Imran.

Meski sudah ada daerah dengan capaian sanitasi seratus persen, pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan, masih punya berbagai pekerjaan rumah karena masih banyak daerah di Indonesia yang tingkat sanitasinya masih rendah, misalnya daerah Papua.

" Mungkin karena kesulitan geografis, Papua ya masih tertinggal. Kalau tidak salah masih 16%. Kami masih kerja keras termasuk dengan bekerjasama dengan TNI AD lewat program 1000 Jamban, membantu Indonesia mencapai universal akses 2019," tambah Imran.

Anies Baswedan resmi jadi Gubernur Jakarta - Setnov sudah sehat?