Ini 6 Situs Warisan Budaya UNESCO yang Ada di Timur Tengah

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 12 Agustus 2015 10:01
Ini 6 Situs Warisan Budaya UNESCO yang Ada di Timur Tengah
UNESCO merilis daftar Situs Warisan Dunia tahun 2015. Beberapa situs yang dinobatkan sebagai warisan dunia yang dilindungi terdapat di Timur Tengah.

Dream - Baru-baru ini UNESCO merilis daftar Situs Warisan Dunia tahun 2015. Beberapa situs yang dinobatkan sebagai warisan dunia yang dilindungi terdapat di Timur Tengah.

Situs-situs tersebut masuk dalam daftar UNESCO karena dianggap sebagai peninggalan bersejarah yang memiliki nilai eksotis dan tak terlupakan.

Dilansir dari laman Arabianbusiness.com, Rabu 12 Agustus 2015, berikut 6 tempat bersejarah di Timur Tengah yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO 2015.

Bethany Beyond the Jordan, Yordania
Tempat ini dipercaya sebagai lokasi dibaptisnya Yesus dan Nazareth oleh John the Baptist. Berlokasi di dekat Laut Mati, Bethany Beyond the Jordan menjadi salah satu tempat berziarah umat Kristiani.

Cultural Landscape of Maymand, Iran
Maymand adalah daerah yang terletak di bagian selatan pegunungan tengah Iran. UNESCO menobatkan daerah ini sebagai salah satu situs warisan dunia karena di wilayah tersebut masih ada masyarakat penggembala semi-nomaden yang hidup dengan hewan mereka di padang rumput dan gunung-gunung.

Mereka berpindah-pindah tergantung musim. Para penggembala itu hidup di gua-gua unik yang ada di lembah selama musim dingin. Sementara di musim semi dan gugur mereka bermukim di tempat yang lebih tinggi, seperti pegunungan.

Diyarbakir Fortress and Hevsel Gardens Cultural Landscape, Turki
Benteng Fortress dan lanskap kota di sekitarnya dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia karena dianggap sebagai pusat penting sejarah Turki sejak periode Helenistik, Ottoman, hingga kini. Situs ini meliputi kastil dengan dinding kota sepanjang 5,8 km, menara, gerbang dan 63 prasasti yang menggambarkan periode-periode sejarah berbeda.

Ephesus, Turki
Situs yang menyimpan sejarah dari bangsa Romawi ini adalah 'rumah' dari salah satu 7 Keajaiban Dunia, yaitu Kuil Artemis. Lokasi ini juga menjadi tempat favorit umat Kristiani berziarah karena dekat dengan rumah Maria Magdalena.

Rock Art in the Hail Region, Arab Saudi
Dulu area ini adalah sebuah danau yang menjadi sumber air segar untuk binatang-binatang dan musafir yang lewat. Para leluhur Arab terdahulu meninggalkan jejak di jalanan yang mereka lewati dengan memahat di batu-batu.

Susa, Iran
Kota kuno Susa (Shush) terletak di Provinsi Khuzestan, Iran dan merupakan salah satu situs arkeologi terbesar di dunia. Kota ini merupakan warisan sejarah peradaban dunia zaman dahulu yang sudah berdiri sejak 4.000 tahun sebelum Masehi.

Berdasarkan dokumen sejarah, Susa adalah kota terpenting dan termegah di antara kota-kota kuno Iran dan dunia serta pusat benturan dua peradaban penting, yang saling mempengaruhi satu sama lain yaitu peradaban Mesopotamia dan peradaban Elam (Susiana).

 

Beri Komentar