Misericordia: dari Gedung Teater Jadi Masjid Terbesar Italia

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 21 Agustus 2015 15:30
Misericordia: dari Gedung Teater Jadi Masjid Terbesar Italia
Masyarakat sekitar biasa menyebutnya Masjid Misericordia.

Dream - Nama 'Moshea Della Misericordia' mungkin tak sepopuler Menara Pisa. Namun tahukah Anda, bangunan ini merupakan salah satu bukti eksisnya ajaran Islam di Italia?

Della Misericordia merupakan masjid terbesar di Italia Selatan, yang berlokasi di Kota Catania. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya Masjid Misericordia.

Dari luar bangunan, masjid ini tampak berbeda dengan masjid kebanyakan. Tak heran, karena ternyata masjid ini dulunya adalah bekas gedung teater yang kemudian 'disulap' menjadi sebuah masjid.

Masjid Misericordia secara resmi berdiri sejak pertengahan bulan Desember 2012. Luas masjid ini sekitar 400 meter persegi dan terdiri dari 3 lantai.

Lantai paling atas merupakan ruang serbaguna sekaligus kantor administrasi. Lantai kedua dikhususkan bagi jemaah wanita dan anak-anak. Sementara lantai dasar, diperuntukkan bagi kaum pria.

Uniknya, di lantai kedua disediakan semacam layar LCD yang bisa memperlihatkan aktivitas jemaah di lantai dasar. Sehingga, ketika ada ibadah Salat Jumat, jemaah wanita dan anak-anak di lantai dua dapat menyaksikan dan mengikuti jalannya ibadah kaum pria di lantai bawah.

Mengenai nama 'Della Misericordia' sendiri merupakan bahasa Italia dari salah satu Asmaul Husna atau nama-nama Allah, yang berarti 'Allah Yang Maha Rahim'.

Saat berkunjung ke Italia, sempatkan diri Anda untuk singgah ke masjid unik di Kota Catania ini. Tak hanya berwisata religi, di tempat ini Anda bisa menikmati indahnya perpaduan gaya arsitektur Islam dan peradaban Yunani Kuno.

Beri Komentar