Belum Hamil tapi Kok Muncul Garis di Perut? Ini 3 Penyebabnya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 2 November 2020 14:12
Belum Hamil tapi Kok Muncul Garis di Perut? Ini 3 Penyebabnya
Jangan panik dulu. Ini sebabnya.

Dream - Munculnya linea nigra atau garis hitam di atas pusar sampai ke perut bagian bawah merupakan hal yang wajar dialami seorang perempuan saat atau setelah hamil.

Penelitian membuktikan bahwa 92 persen ibu hamil memiliki linea nigra. Sebenarnya, garis yang berwarna hitam atau kecokelatan ini sudah ada dan disebut linea alba.

Bahkan linea alba tidak hanya dimiliki oleh wanita, tapi juga pria dan anak-anak. Hanya saja, linea alba muncul lebih kontras saat hamil karena pengaruh hormon.

Linea nigra juga bisa muncul lebih kontras disebabkan oleh banyak hal. Dilansir dari Sehatq.com, berikut penyebab munculnya linea nigra saat tidak hamil.

1 dari 1 halaman

Hormonal

Seperti yang telah disebutkan, hormon merupakan penyebab utama munculnya linea nigra. Hormon estrogen dan progesteron merupakan penyebab utama produksi melanin yang lebih banyak dari biasanya serta munculnya linea nigra.

Konsumsi obat

Obat yang dapat memengaruhi produksi hormon seperti pil KB bisa menyebabkan munculnya linea nigra. Konsultasikan pada dokter untuk mengatasi hal tersebut.

Faktor lingkungan

Sinar UV bisa meningkatkan produksi melanin yang menyebabkan linea alba terlihat lebih kontras. Pada dasarnya, kontrasnya linea nigra bukanlah hal yang berbahaya.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi kulitmu. Jangan gunakan krim berbahan kimia untuk mengatasinya. Cukup lakukan pencegahan untuk membuat kulit tetap cerah dan meminimalisir produksi pigmen.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More