Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Atasi Anemia dengan Campuran Jus Bit dan Apel

Atasi Anemia dengan Campuran Jus Bit dan Apel Minum Jus. (Source: Shutterstock)

Dream - Kebutuhan zat besi pada pria, wanita, dan ibu hamil berbeda-beda. Pria membutuhkan 8 miligram zat besi, sementara wanita dan ibu hamil membutuhkan 18 serta 27 miligram.

Perbedaan kadar zat besi menjadi alasan mengapa anemia lebih banyak diderita oleh wanita. Ibu hamil yang menderita anemia juga sering diresepkan obat penambah darah untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin.

Ahli Gizi, Rachel Olsen juga menganjurkan konsumsi jus bit untuk menambah kadar zat besi dan mengatasi anemia. Buah bit sendiri berperan besar terhadap pengangkutan oksigen dalam sel darah merah.

Jus Bit

Foto: Shutterstock

Mengonsumsi jus bit juga bisa memperlancar aliran darah, meningkatkan energi tubuh, serta mengontrol suasana hati. Campur buah bit dengan apel atau buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi.

Kamu juga bisa mengonsumsi sayuran hijau, protein hewani dan nabati, kacang-kacangan, atau biji-bijian untuk meningkatkan kadar zat besi serta mengatasi anemia. Jangan lupa ya, Sahabat Dream.

      View this post on Instagram      

A post shared by Rachel Olsen (@rachelahligizi)

 

8 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Infeksi dan Anemia

Dream – Kurma merupakan buah yang sering dikonsumsi Rasulullah. Beliau mengonsumsinya selalu dalam jumlah yang ganjil. Rupanya buah kurma menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil.

Baik kurma utuh maupun sari kurma menyimpan banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi sari kurma merupakan salah satu cara menikmati buah kurma yang sering dilakukan.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil didapatkan karena kurma memiliki rasa manis alami tanpa menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil juga dapat mengurangi risiko anemia serta mengatasi morning sickness. Untuk mendapatkan manfaat sari kurma untuk kesehatan, Sahabat Dream dianjurkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Dilansir berbagai sumber, simak informasi selengkapnya tentang manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang layak diketahui.

Kandungan Sari Kurma

Ilustrasi

Sebelum mengetahui manfaat sari kurma untuk ibu hamil, perlu diketahui juga kandungan apa saja yang terkandung pada sari kurma. Sehingga sari kurma dipercaya baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil.

Buah kurma sendiri mengandung magnesium, zinc, fosfor, selenium, dan mangan. Sari kurma pun juga mengandung mineral yang sama. Selain itu, sari kurma juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin K.

Sari kurma lebih cocok dikonsumsi ibu hamil lantaran lebih mudah dicerna tubuh. Manfaat sari kurma tak hanya untuk ibu hamil, melainkan juga janin yang ada dalam kandungan serta bagus untuk ibu menyusui.

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

1. Sumber Energi

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah berfungsi sebagai sumber energi. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak energi selama kehamilannya. Dengan mengonsumsi sari kurma setiap hari dalam porsi yang tepat, akan membantu ibu hamil mensuplai energi alami dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin K

Bayi membutuhkan vitamin K untuk membantu pembekuan dan perkembangan tulang. Sementara ketika bayi dilahirkan ia memiliki kadar vitamin K yang rendah. Apabila ibu hamil rutin minum sari kurma setiap hari selama kehamilan, maka ASI akan mengandung vitamin K yang bagus untuk kebutuhan bayi.

3. Meredakan Sembelit

Ibu hamil seringkali mengalami sembelit. Buah kurma yang kaya serat ini bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan selama kehamilan. Mengonsumsi sari kurma juga mampu membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama, mengurangi kolesterol, dan mengontrol berat badan.

4. Cegah Cacat Lahir pada Janin

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang selanjutnya bisa membantu mencegah cacat lahir. Sebab sari kurma mengandung asam folat yang berperan mencegah cacat bawaan yang berhubungan dengan otak dan sumsum tulang belakang.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi Bayi

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil didapatkan salah satunya karena kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium berperan penting membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Magnesium juga berfungsi mengatur kadar gula darah dan tekanan darah.

Manfaat sari kurma juga akan mencegah defisiensi magnesium oada kehamilan yang dapat meningkatkan risiko hipertensi kronis, preeklamsia, disfungsi plasenta, dan kelahiran prematur.

6. Cegah Anemia

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil juga bisa mencegah terjadinya anemia. Kandungan di dalam sari kurma bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah, termasuk bagi ibu hamil. Alhasil ibu hamil tetap sehat dan tidak berdampak pada kesehatan janinnya.

7. Cegah Infeksi

Sari kurma mengandung zat antioksidan berupa tannin yang diklaim memiliki sifat anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik. Sifat itulah yang membuat sari kurma berperan mencegah infeksi virus, bakteri dan patogen lainnya pada ibu hamil yang bisa mengganggu imunitas ibu hamil beserta janinnya.

8. Sebagai Sumber Proten Janin

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang terakhir adalah menjadi sumber protein bagi janin dalam kandungan. Buah kurma kaya protein yang mudah dicerna oleh ibu hamil sehingga sampai ke janin. Kurma juga dikenal sebagai sumber vitamin yang esensial untuk mendukung pertumbuhan janin.

Itulah beberapa manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Akan tetapi ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sari kurma berlebihan. Sebab bisa menyebabkan kenaikan berat badan, peningkatan gula darah, risiko diabetes, dan merusak gigi.

Selain itu, ibu hamil juga penting untuk memilih produk sari kurma yang bebas dari bahan kimia dan pengawet. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Hal yang Sering Hambat Penyerapan Zat Besi dan Sebabkan Anemia

3 Hal yang Sering Hambat Penyerapan Zat Besi dan Sebabkan Anemia

Beberapa kebiasaan sederhana bisa menghambat penyerapan zat besi dan menyebabkan anemia yang sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
Manfaat 1 Sendok Makan Cuka Apel, Solusi Ampuh untuk Diet

Manfaat 1 Sendok Makan Cuka Apel, Solusi Ampuh untuk Diet

Apakah benar cuka apel dapat dimanfaatkan untuk penurunan berat badan? Yuk, simak faktanya!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Cerita Perjuangan Babe Cabita Melawan Penyakit Langka Anemia Aplastik, Kesulitan Cari Kantong Darah

Cerita Perjuangan Babe Cabita Melawan Penyakit Langka Anemia Aplastik, Kesulitan Cari Kantong Darah

Penyakit langka yang diderita Babe diakuinya sulit untuk mendapatkan obat.

Baca Selengkapnya