Cara Pintar Mam, Dukung Fondasi Belajar Si Kecil dengan Tepat

Reporter : Iwan Tantomi
Rabu, 3 Februari 2021 15:01
Cara Pintar Mam, Dukung Fondasi Belajar Si Kecil dengan Tepat
Yuk, pelajari fondasi belajar anak sebagai #CaraPintarMam untuk meningkatkan kepintaran si kecil yang mencakup tiga aspek penting berikut ini.

Menanamkan kemandirian pada si kecil bisa dimulai dengan cara yang sederhana. Misalnya dengan melibatkan si Kecil dalam tugas rumah sehari-hari seperti belajar melipat pakaian atau membereskan mainannya sendiri. Tentunya Mam pasti punya cara pintar, untuk membuat kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan.

Contohnya dengan cara membuat lagu sederhana tentang membereskan mainan atau mengajarkan langkah-langkah melipat baju dengan seru. Nggak hanya bisa membuat ia jadi lebih bertanggung jawab dengan barang miliknya, kegiatan ini sekaligus bisa jadi stimulasi yang tepat dukung fondasi belajar si kecil. Dan pastinya dengan membuat proses belajar menjadi fun akan meninggalkan kesan belajar yang baik untuk anak.

Bukan itu saja, ada banyak stimulasi anak yang bisa Mam pintar berikan untuk mendukung proses belajar anak agar ia lebih mandiri dan mudah meraih kesuksesan di masa depan. Dengan memahami fondasi belajar, Mam juga bisa mengetahui cara pintar yang tepat untuk mengembangkan kepintaran anak sesuai tahapan usianya. Yuk, pelajari fondasi belajar anak sebagai #CaraPintarMam untuk meningkatkan kepintaran si kecil yang mencakup tiga aspek penting berikut ini.

1 dari 3 halaman

Dukung Perkembangan Kognitif Anak

Shutterstock© Shutterstock

Kemampuan anak belajar dalam memahami sesuatu, erat kaitannya dengan respon otak, terutama saat sedang memperhatikan atau berinteraksi dengan sesuatu di sekelilingnya. Nah, untuk memberikan stimulasi pada perkembangan kognitif anak, Mam perlu mencari tahu minat dan bakat anak. Selain itu, ajari dia mengenali dan memahami objek baru, dan melatihnya tanya jawab dalam memecahkan masalah. Latih juga kemampuan gerak dan keseimbangan si kecil agar ia tumbuh aktif, pintar, mandiri dan tentunya responsif terhadap stimulasi yang diberikan.

Mam pintar, dapat memberi stimulasi untuk dukung perkembangan kognitif anak dengan alat sederhana, contohnya puzzle. Permainan edukatif ini dapat membantu menstimulasi kepintaran anak secara menyeluruh. Dari menghapal bentuk benda, kemampuan berpikir, kemampuan memecahkan masalah, hingga merangsang kreativitasnya dalam menyelesaikan sesuatu. Permainan puzzle ini pun dapat menjadi salah satu pilihan aktifitas anak di rumah, agar tak terpaku pada gadget saja.

2 dari 3 halaman

Bangun Kemampuan Literasi Si Kecil

Shutterstock© Shutterstock

Bukan hanya perkembangan kognitif anak, kemampuan literasi juga perlu diperhatikan sebagai bagian dari fondasi belajar bagi si kecil. Aspek ini amat penting karena terkait dengan kemampuan anak mengenali kosa kata dan bahasa, sebagai modal awal untuk belajar membaca, menulis, sampai bercerita.

Adapun Cara Pintar Mam memberikan stimulasi yang mendukung kemampuan literasi anak bisa dilakukan dengan membacakan dongeng untuk buah hati sebelum tidur. Selain itu, biasakan untuk aktif mengajak si kecil berbicara. Mam juga bisa mengajaknya bernyanyi, mengeja huruf, hingga menghafal dengan bantuan flash card. Bukan hanya seru dilakukan di rumah, tetapi juga meningkatkan kemampuan literasi anak secara optimal.

3 dari 3 halaman

Tumbuhkan Aspek Kreativitas Anak

Shutterstock© Shutterstock

Fondasi belajar anak juga tak lepas dari aspek kreativitas. Aspek satu ini menjadi penyeimbang kemampuan otak kanan dan kiri si kecil. Selain itu, kemampuan menghasilkan atau mengembangkan sesuatu yang baru sesuai keinginan dan imajinasi anak merupakan bagian dari aspek kreativitas.

Inilah kenapa kreativitas pada si kecil juga perlu mendapatkan stimulasi dari Mam pintar. Beberapa stimulasi yang bisa dilakukan untuk untuk mendukung kreativitas buah hati mencakup belajar membaca dan menulis, menggambar, bernyanyi, membuat beragam kerajinan tangan, seperti melukis, mengecat pot bunga, atau membuat beragam bentuk origami. Tak hanya itu, membiasakan anak bercerita tentang kesehariannya, juga turut meningkatkan kreativitas buah hati di setiap tahapan perkembangan usianya.

Itulah beberapa cara stimulasi anak yang bisa diterapkan untuk membangun fondasi belajarnya. Supaya anak pintar, Mam juga perlu memperhatikan asupan nutrisi lengkap pada buah hati, di samping stimulasi yang tepat. Sebab, nutrisi lengkap merupakan hal yang esensial untuk mendukung pertumbuhan fisik, daya tahan tubuh dan perkembangan otak anak.

Selain memberikan stimulasi tepat sesuai tahapan usia, Mams juga perlu memberikan si Kecil nutrisi yang membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya, salah satunya susu pertumbuhan.

Mams bisa memilih S-26 Procal Nutrissentials sebagai pilihan tepat mam pintar. Susu ini merupakan susu pertumbuhan yang diperuntukkan untuk anak usia 1-3 tahun kemudian dilanjutkan dengan S-26 Promise Nutrissentials untuk usia 3 tahun ke atas. 

S-26 Procal Nutrissentials dengan nutrisi penting yaitu:

  • Kaya akan Kolin
  • Dengan Omega 3 dan 6
  • Kaya akan Zat Besi, Zink dan Asam Folat.
  • Kaya akan Vitamin B Kompleks (B1, B2, B6, dan Niasin), yang membantu mengubah makanan menjadi energi
  • Dengan tinggi protein. Protein merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Tinggi kalsium, Vitamin D dan K. Kalsium membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi

Yuk Moms, dukung langkah awal kesiapan belajar anak dengan memberikan stimulasi dan nutrisi! Cek informasi selengkapnya di sini.

Beri Komentar