Fashion Rhapsody 2020, Karya Desainer Demi Harmoni Bumi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 27 Februari 2020 13:15
Fashion Rhapsody 2020, Karya Desainer Demi Harmoni Bumi
Perhelatan busana ini mengangkat isu kelestarian alam.

Dream - Puncak acara Fashion Rhapsody 2020 resmi dibuka. Perhelatan bertajuk 'Harmoni Bumi' ini merupakan gagasan mode yang didedikasikan untuk menjaga kelestarian alam.

Keempat desainer sekaligus founder, yakni Ariy Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanagara dan Yulia Fandy, beritikad menularkan gairah berkarya mode yang bertanggung jawab untuk mengembalikan apa yang telah diambil dari bumi pertiwi.

 Fashion Rhapsody© Khidr Al-Zahrani

" Korelasi fashion dan manusia sangatlah erat. Banyak desainer yang memakai alam untuk dijadikan sebagai inspirasi busana mereka. Hasil limbah yang kita timbulkan itu bisa digunakan untuk koleksi terbaru. Lewat isu lingkungan ini, kami tergerak menciptakan Fashion Rhapsody," tutur Ariy Arka, Founder dan Desainer Fashion Rhapsody di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Suasana alam mulai terasa ketika memasuki area perhelatan. Runway dibuat dengan tema dekorasi alam yang berbeda setiap harinya. Tema tersebut adalah Savana, Silk Lagoon, Secret Forest dan Wysteria.

 Fashion Rhapsody© Dream

" Kami ingin menjadikan alam lebih baik, mengurangi pemakaian plastik, memberdayakan sampah menjadi karya di panggung fashion," kata Yulia Fandy, Founder dan Desainer Fashion Rhapsody.

 Fashion Rhapsody© Dream

1 dari 5 halaman

Tampilkan Karya Desainer dan Selebriti

Acara ini mempersembahkan lebih dari seribu set busana hasil karya perancang mode Tanah Air. Opening Ceremony dimeriahkan oleh parade fashion dari perwakilan desainer.

 Fashion Rhapsody© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Mereka diantaranya Ria Miranda, Kami, Tuty Adib, Lia Soraya, Dewi Gta, Adinda Moeda, Kursien Karzai, Rya Baraba, Mora Aesthetic X ZD, Dana Duriyatna Sugeng Waskito dan Rasyid Salim.

Karya mode yang ditampilkan mencakup busana pria dan wanita, modest wear serta busana etnik yang memakai karya wastra Nusantara. Acara turut menampilkan partisipasi Dekranasda Kabupaten Lingga yang membawa batik khas Riau.

 Fashion Rhapsody© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

" Desain ready to wear dengan garis potongan simpel yang bisa dipakai sehari-hari, kami ingin menunjukkan bahwa Lingga juga punya batik yang memiliki ciri khas sendiri," ujar Rasyid Salim, desainer pewarkilan Dekranasda Kabupaten Lingga.

Tak hanya perancang mode, selebriti juga turut memeriahkan gelaran ini. Seperti Melly Goeslaw yang  menutup opening ceremony dengan koleksi dari brand Aleabe.

 Melly Goeslaw© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Digelar di The Tribrata Dharmawangsa pada 26-29 Februari 2020, acara masih akan dimeriahkan oleh berbagai artis dan desainer seperti Laudya Cynthia Bella, Ivan Gunawan, Fenita Arie, Nina Nugroho dan banyak lagi.

2 dari 5 halaman

Penjualan Tiket Fashion Rhapsody 2020 Disumbangkan ke Dompet Dhuafa

Dream - Fashion Rhapsody berencana menggelar pagelaran busana pada 26 sampai 29 Februari 2020. Acara yang bertema Harmoni Bumi tersebut rencananya akan diselenggarakan di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta.

Dalam event tersebut, Fashion Rhapsody mengganteng Dompet Dhuafa yang nantinya akan menerima sumbangan dari hasil penjualan tiket.

" Dompet Dhuafa sebagai charity partner Fashion Rhapsody, dimana tiket yang masuk kita akan sumbangkan sepenuhnya untuk Dompet Dhuafa," ungkap Ketua Fashion Rhapsody, Ariy Arka di Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

Untuk pengunjung yang akan hadir dalam event tersebut, pihak penyelenggaran membanderol tiket masuk seharga Rp50 ribu. Selain dibeli langsung di lokasi event, tiket juga bisa diperoleh melalui website www.fashionrhapsldy.co.id.

Di website tersebut, calon pemesan tiket juga bisa turut memberikan donasi.

" Ada di check in by web kita akan ada donasi suka-suka," kata dia.

  Public Expose Dompet Dhuafa 2020 (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)© Khidr Al-Zahrani

Public Expose Dompet Dhuafa 2020 (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)

Fashion Rhapsody rencananya akan mengundang sebanyak 108 desainer. Sementara fashion show yang digelar memamerkan tak kurang dari 55 karya.

3 dari 5 halaman

Terjun Langsung

Ariy menargetkan jumlah pengunjung yang akan datang ke event Fashion Rhapsody sekitar 20 ribu orang. Dari jumlah tersebut diharapkan akan terhimpun dana Rp500 juta hingga Rp700 juta.

Nantinya uang sumbangan yang terkumpul diharapkan bisa disalurkan untuk membantu para pelaku industri kreatif.

" Dompet Dhuafa sama Fashion Rhapsody bekerja sama untuk kampung-kampung yang ada di Indonesia untuk pengembangan industri kreatif ,dengan hasil limbah teman-teman designer. Jadi kita olah limbah untuk jadikan aksesoris, boneka atau apa saja untuk dijadikan sebagai industri," ujar dia.

Fashion Rhapsody juga bertekad terjun langsung membantu industri kreatif dengan cara memberikan pelatihan sehingga bisa membantu memperbaiki ekonomi masyarakat.

" Paling tidak ada misi pengurangan tenaga kerja," kata dia.

4 dari 5 halaman

Bias Cahaya, Wujud Harapan Ria Miranda

Dream - Ria Miranda meluncurkan koleksi teranyar untuk tren Spring/Summer 2020. Berangkat dari lini RiaMiranda Signature, ia membawa tema besar 'Realita'.

Eksplorasinya pada pagelaran fashion show di Fashion Rhapsody 2020 kali ini menampilkan koleksi bertajuk 'Bias'. Terinspirasi dari efek pantulan cahaya yang berproses menjadi pelangi, koleksi ini menyimpan pesan sederhana tentang sebuah proses pencapaian harapan.

 Ria Miranda© Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

" Ada banyak kondisi yang membuat kita tertekan berasal dari sudut pandang kita yang terlanjur negatif. Aku lihat bagaimana cahaya bisa mempolarisasikan dirinya dalam wujud yang berbeda, misal pelangi atau bayangan dan garis yang berkelok. Aku merasa dalam realita kita hanya perlu mengatur sudut pandang kita untuk mencapai harapan-harapan tertentu dan pesan ini aku wujudkan melalui koleksi ini," tutur Ria Miranda di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

 Ria Miranda© Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

Sifat pembiasan cahaya diimplementasikan melalui bahan satin yang memiliki sifat memantulkan cahaya seperti kaca. Berkaca pada tren 2020-2021, Ria juga bereksperimen dengan bahan denim dan leather sebagai aksen busana.

5 dari 5 halaman

Lebih Berani

Berbeda dari biasanya, koleksi yang sedikit keluar dari zona nyaman ini hadir dengan tampilan feminin, cutting yang banyak detail dan layering.

 Ria Miranda© Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

Pemilihan warna juga lebih beragam. Biasa bermain dengan warna soft pastel, desainer berdarah Padang ini memadukannya dengan warna neon yang lebih berani seperti fuschia dan lime green.

" Untuk lini ini memang sedikit keluar dari zona nyamanku. Jadi looksnya sedikit berani, banyak detail bordir, payet dan warnanya juga paduan warna pastel dan ada shocking color juga," ujarnya.

 Ria Miranda© Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

Foto: Dok. Fashion Rhapsody 2020

Ada 32 look dengan gaya yang sedikit edgy dengan pola dan detail unik. Kombinasi bahan tulle, cotton, satin denim dan leather menawarkan tampilan yang tidak hanya feminin tapi juga elegan.

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin