Heboh Foto RA Kartini Berhijab...

Reporter : Kusmiyati
Kamis, 21 April 2016 14:41
Heboh Foto RA Kartini Berhijab...
Para peselancar dunia maya juga dihebohkan dengan foto RA Kartini mengenakan hijab. Foto tersebut diunggah dua jam lalu oleh akun beraniberhijrah.

Dream - Jagat maya sejak pagi sudah diramaikan ungkapan Hari Kartini yang selalu diperingati setiap tanggal 21 April. Sosok pahlawan Raden Adjeng Kartini sendiri dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Tidak sedikit netizen yang mengunggah foto pahlawan wanita yang lahir di Jepara, 21 April 1879 itu beserta, kalimat-kalimat yang memotivasi banyak orang.

Namun tak hanya itu, para peselancar dunia maya dihebohkan dengan foto RA Kartini mengenakan hijab. Foto sekitar dua jam lalu itu diunggah pemilik akun instagram @beraniberhijrah.

" Hari kartini bukan semata mata dandan dengan baju adat jawa yang ternyata justru membuat repot semua orang tua dan murid dengan kebijakan ini , justru adalah makna dibalik sosok Kartini yang membuktikan wanita mampu berbuat banyak namun kudu tetap pada koridor nya sebagai wanita taat baik pada orang tua , suami dan aturan," tutur akun itu melengkapi unggahan fotonya.

Menurut akun @beraniberhijrah, publik hendaknya tak salah memaknai Hari Kartini. Kaum wanita dinilainya masih boleh tetap berkarya namun tetap pada norma norma yang mengaturnya baik dalam negara maupun agama.

" Kartini tak mungkin senang apabila emansipasi wanita justru menjadi alasan sejumlah wanita untuk berani kepada suami, Orang tua dan aturan. Jangan salah kaprah memaknai dan menyambut Hari Kartini, berjuanglah untuk tetap menjadi wanita yang baik dan solehah," tulisnya lagi.

Unggahan foto itu pun mengundang pro dan kontra dari para pengguna internet. Tidak sedikit yang memuji kecantikan RA Kartini berhijab, " Kartini cantik kalau pake hijab," tutur akun Sangfani.

" Saat Ibu Kartini berhijab, cantik," ujar akun Permanandayanti. Namun ada juga yang tidak setuju dengan editan foto tersebut.

" Kartini bukan hanya mewakili emansipasi wanita dari satu agama. Tapi semua agama yang ada di Indonesia," kata akun Paramitha.

" Tidak perlu memaksa sejarah. Lukisan aslinya pakai konde tapi dimanipulasi jadi jilbab," tutur akun Lyn. (Ism) 

Beri Komentar