Ini Manfaat Utama Siwak untuk Kesehatan Gigi

Reporter : Ervina
Selasa, 18 November 2014 11:01
Ini Manfaat Utama Siwak untuk Kesehatan Gigi
Dibandingkan menyikat gigi, bersiwak lebih baik karena dapat membunuh sekitar 1.000-3.000 kuman dan bakteri yang terdapat di mulut.

Dream - Siwak atau miswak merupakan ranting pohon arook yang dikupas ujung dan digunakan dengan cara digosokkan pada mulut. Selain pohon arook, siwak juga dapat diperoleh dari ranting pohon kenari dan zaitun.

Sejak zaman Nabi Muhammad SAW, siwak dianjurkan untuk membersihkan gigi dan mulut serta dapat dianjurkan untuk digunakan setiap berwudhu, sebelum sholat, saat hendak memasuki rumah, hingga ketika baru bangun tidur. Berdasarkan apa yang diriwayatkan Al Imam Ahmad, semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW menganjurkan penggunaan siwak karena dapat menyucikan mulut dan diridhoi Allah SWT.

Ada beberapa keutamaan siwak yang lebih baik dibandingkan menggunakan pasta gigi. Keutamaan tersebut antara lain mematikan sekitar 1000-3000 kuman dan bakteri penyebab sakit gusi.

Selain itu juga bisa menghancurkan plak secara efektif dan membasmi karies gigi. Keluhan bau mulut juga dapat diminimalisir karena siwak dapat membuat mulut lebih wangi serta membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

Keutamaan siwak memancing sejumlah peneliti untuk menelusuri khasiat dan keutamaan siwak. Wrigley, salah satu perusahaan kenamaan dunia sempat menerbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry yang di dalamnya memuat campuran siwak dalam permen yang dibuatnya.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut mencampur siwak dan mendapati bahwa pembersih mulut alama ini 20 kali lebih efektif membunuh bakteri dibandingkan permen biasa. Perusahaan yang identik dengan permen karet ini mendapat setelah dicampur selama 30 menit, permen yang dicampur ekstrak siwak dapat membunuh sekitar 60% bakteri dibandingkan permen biasa yang hanya bisa membunuh 3,6% bakteri.

Senada dengan itu, dalam US National Library membandingkan kebiasaan menyikat gigi dan menggunakan siwak. Dalam riset tersebut didapati penggunaan siwak lebih efektif dibandingkan dalam mengurangi plak dan radang gusi dibandingkan menyikat gigi.

(Dari berbagai sumber)

Beri Komentar