Macam-Macam Teh yang Membantu Menurunkan Berat Badan, Layak Dicoba

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 24 Januari 2022 13:12
Macam-Macam Teh yang Membantu Menurunkan Berat Badan, Layak Dicoba
Cara pengolahan yang diproses dengan cara berbeda membuat setiap teh memiliki keunikannya tersendiri

Dream – Beberapa penelitian menunjukkan teh dapat membantumu untuk menurunkan berat badan, namun menurunkan berat badan dengan teh tidak akan secepat ketika kamu mengkombinasikannya dengan gaya hidup dan olahraga yang baik.

Teh memiliki jenis flavonoid yang disebut katekin yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh Anda memecah lemak lebih cepat. Selain itu, teh juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan energimu, menyebabkan tubuhmu membakar lebih banyak kalori.

Semua jenis teh berasal dari daun yang sama, yaitu Camellia sinensis. Cara pengolahan yang diproses dengan cara berbeda membuat setiap teh memiliki keunikannya tersendiri. Inilah jenis teh yang dapat membantumu menurunkan berat badan:

Teh Hitam

Sering disajikan di restoran China, teh ini memiliki rasa yang kuat dan kaya karena hasil fermentasi. Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan zat yang disebut polifenol terdapat dalam teh hitam. Zat ini dapat memblokir lemak agar tidak terserap usus.

 

1 dari 3 halaman

Teh Hijau

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak EGCG teh hijau atau minum teh hijau yang mengandung katekin dapat menurunkan berat badan, sekitar 3 pon selama 3 bulan.

Untuk mendapatkan penurunan berat badan secara dratis dengan teh hijau, anda harus mengkonsumsinya sekitar enam hingga tujuh cangkir teh hijau setiap hari. Meskipun jarang, ekstrak teh dosis tinggi yang ditemukan di beberapa suplemen penurun berat badan menyebabkan kerusakan hati yang serius.

2 dari 3 halaman

Teh Oolong

Shutterstock© Shutterstock

Teh ini dibuat dengan cara menjemur daun teh di bawah terik matahari. Seperti teh hijau, teh ini merupakan sumber katekin yang kaya. Dalam satu penelitian, lebih dari dua pertiga orang yang kelebihan berat badan dan minum teh oolong setiap hari selama enam minggu kehilangan lebih dari 2 pon dan lemak perut yang terpangkas.

 

3 dari 3 halaman

Teh Putih

Shutterstock© Shutterstock

Teh ini merupakan teh yang paling sedikit diproses, dan memiliki rasa manis dan ringan. Satu studi laboratorium menunjukkan teh putih mempercepat pemecahan sel-sel lemak yang ada dan menghalangi pembentukan yang baru.

Beberapa cangkir teh setiap hari mungkin memberimu sedikit motivasi untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, jangan berharap keajaiban datang dalam secangkir teh. Penurunan berat badan yang nyata membutuhkan gaya hidup menyeluruh yang mencakup perubahan pola makan dan aktivitas.

Laporan:Anzila Riskia Putri

Beri Komentar