7 Manfaat Anggur Hitam, Buah Kaya Antioksidan yang Ampuh Lawan Berbagai Jenis Kanker

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 5 Agustus 2022 18:36
7 Manfaat Anggur Hitam, Buah Kaya Antioksidan yang Ampuh Lawan Berbagai Jenis Kanker
Mengonsumsi anggur hitam bisa membantu melawan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit.

Dream – Ada berbagai jenis buah anggur yang sering dikonsumsi masyarakat dan salah satunya adalah anggur hitam. Sesuai dengan namanya, anggur jenis ini memiliki warna kulit yang hitam dengan tekstur dan rasa yang tidak berbeda jauh dengan anggur pada umumnya.

Anggur selama ini menjadi buah favorit bagi sebagian besar orang karena rasanya yang menyegarkan. Selain enak, buah anggur hitam juga kaya akan manfaat untuk tubuh.

Dalam sebuah buah anggur terkandung vitamin A, vitamin C, lemak, kalsium, dan protein. Dengan kandungan kaya zat penting untuk tubuh, buah anggur juga mudah dikonsumsi Sahabat Dream baik secara langsung ataupun diolah menjadi jus atau yogurt.

Buah anggur hitam bisa menjadi buah pilihan sahabat Dream untuk dikonsumsi sehari-hari bersama keluarga di rumah. Apalagi bukan hal yang sulit untuk menemukan buah yang satu ini. Kamu bisa membelinya di pasar, toko buah, hingga di supermarket.

Untuk mengetahui apa saja manfaat anggur hitam bagi kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan© Freepik.com

Kaya Antioksidan

Manfaat anggur hitam yang pertama adalah kaya akan antioksidan. Di mana antioksidan ini sangatlah baik bagi tubuh, terutama untuk menghindarkan seseorang dari penyakit yang berbahaya. Antioksidan yang masuk ke dalam tubuh akan membantu dalam memperbaiki sel-sel yang rusak dikarenakan paparan radikal bebas.

Radikal bebas yang menyerang tubuh mampu memicu hadirnya berbagai penyakit serta stres oksidatif yang berhubungan dengan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat anggur hitam berikutnya adalah bisa menurunkan tekanan darah. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa dalam satu cangkir anggur dengan berat 151 gram dipercaya mengandung 288 mg potasium yang diperlukan oleh tubuh guna menjaga tekanan darah.

Asupan kalium yang rendah memiliki hubungan dengan meningkatnya risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Bahkan ada sebuah penelitian pada 12.267 orang dewasa yang membandingkan antara orang yang mengonsumsi kalium dengan kadar tinggi dengan natrium, maka lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit jantung daripada orang yang mengonsumsi kalium dengan kadar sedikit.

2 dari 3 halaman

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan© Freepik.com

Mencegah Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya. Penyakit ini bisa semakin parah jika tidak segera diatasi. Bahkan para penderita diabetes harus mengonsumsi obat-obatan serta memerhatikan makanannya dengan ketat. Namun, penyakit ini masih bisa sahabat Dream cegah dengan cara mengonsumsi anggur hitam. Buah ini mampu meningkatkan regulasi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Kemudian dalam anggur hitam juga terdapat senyawa bernama pterostilbene yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat anggur hitam, pastikan sahabat Dream mengonsumsinya secara tidak berlebihan.

Mencegah Obesitas

Manfaat anggur hitam yang sayang jika dilewatkan adalah bisa mencegah obesitas. Hal ini karena di dalam anggur hitam terdapat resveratrol dan senyawa lainnya yang disebut pterostilbene yang memiliki efek antiobesitas. Penelitian tersebut pernah dilakukan di laboratorium dan hewan. Ditemukan bahwa kandungan itu mampu meningkatkan bakteri di usus serta mengatur energi.

Namun, manfaat anggur hitam ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah kandungan tersebut memiliki efektivitas yang sama pada tubuh manusia atau tidak.

3 dari 3 halaman

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan© Freepik.com

Menyehatkan Mata

Mata adalah salah satu organ yang sangat penting. Karena matalah yang membantu kita untuk bisa melihat dengan jelas dan mendukung segala aktivitas kita. Oleh karena itu, menjaga kesehatannya sangatlah penting, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Anggur hitam menjadi buah yang sangat baik untuk mendukung kesehatan mata sahabat Dream

Anggur sendiri memiliki kandungan berupa antioksidan lutein dan zeaxanthin. Di mana pernah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa kedua senyawa tersebut mampu melindungi mata dari terjadinya kerusakan karena blue light.

Manfaat ini pernah dilakukan penelitain pada seekor tikus yang diberi anggur dan menunjukkan bahwa lebih sedikit terdapat tanda-tanda kerusakan di retina serta fungsi retina yang lebih baik daripada tikus yang tidak diberi anggur.

Mencegah Risiko Kanker

Manfaat anggur hitam juga ampuh dalam mencegah dari penyakit kanker. Hal ini karena anggur hitam memiliki sifat antimutagenik serta antioksidan yang mampu melawan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Kemudian ada juga kandungan berupa senyawa resveratrol yang adalah sumber antioksidan dalam jumlah tinggi serta unsur tertentu yang ampuh untuk menghancurkan sumber energi sel kanker. Nah, agar sahabat Dream terhindar dari penyakit kanker, yuk mulai rutin mengonsumsi anggur hitam.

Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi anggur hitam mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena anggur hitam memiliki kandungan berupa resveratrol yang ampuh dalam meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan khasiat ini juga pernah dilakukan penelitian dan menemukan bahwa kandungan resveratrol ditemukan pada kulit anggur hitam yang bisa membuat jantung menjadi sehat.

Beri Komentar