Menguak Mitos Minum Es Bikin Darah Haid Membeku

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 12 Juli 2022 09:48
Menguak Mitos Minum Es Bikin Darah Haid Membeku
Beberapa orang juga mengatakan bahwa air dingin dapat menyebabkan kram menjadi lebih berat

Dream - Setiap perempuan pastinya mengalami menstruasi setiap bulan. Banyak mitos seputar haid, salah satunya adalah untuk menghindari minum air dingin dengan banyak es batu.

Hal tersebut kabarnya bisa membuat masalah pada menstruasi, yaitu menghambat kelancaran darah yang keluar. Bagaimana faktanya? Dikutip dari KlikDokter, fakta sebenarnya berkata bahwa siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh.

Keseimbangan kedua hormon tersebut sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Minuman dingin tidak memengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak memengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa air dingin dapat menyebabkan kram menjadi lebih berat. Sampai saat ini, belum ada dasar ilmiah mengenai masalah tersebut.

 

1 dari 2 halaman

Segelas jus dingin atau segelas air yang menyegarkan cukup aman, walaupun saat masa menstruasi atau haid. Tubuh manusia memiliki mekanisme dalam pengaturan suhu internal. Minum air es tidak dengan mudah mengubah suhu tubuh.

Awas! Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa© MEN

Ketika seseorang minum air es, maka suhu minuman akan berubah seiring masuknya minuman tersebut ke dalam lambung. Organ lambung akan menyesuaikan suhu makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Proses tersebut menyebabkan air dingin yang diminum tidak dapat memengaruhi pembekuan darah, karena suhunya sudah disesuaikan ketika masuk ke dalam lambung. Memang, minuman dingin tidak memengaruhi haid, ada sejumlah minuman yang harus dihindari selama masa menstruasi.

 

2 dari 2 halaman

Kopi
Kopi mengandung kafein dengan kadar yang lumayan tinggi. Dengan minum kopi, asam lambung bisa melonjak tinggi. Tidak hanya menyebabkan keluhan asam lambung yang meningkat saat menstruasi juga bisa memperparah nyeri haid.

Teh
Teh mengandung zat tanin, yang terbukti dapat menghambat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Dengan konsumsi teh berlebih, produksi sel darah merah akan terganggu. Jika produksi sel darah merah terganggu saat haid, bisa saja berakhir mengalami anemia defisiensi besi.

Soda
Saat haid, batasi diri dari konsumsi minuman yang mengandung soda. Ini karena minuman bersoda mengandung kafein dan gula yang cukup tinggi.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

 

Beri Komentar