Kompulsif Saat Makan? Begini Cara Berhenti Makan Berlebihan

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 10 Juli 2022 07:01
Kompulsif Saat Makan? Begini Cara Berhenti Makan Berlebihan
Tips ini akan membantu mengubah perilaku dan juga menghentikan makan berlebihan

Dream - Makan berlebihan dan mengonsumsi kalori dalam jumlah berlebihan sepanjang hari menjadi hal yang sulit dihentikan sebagian orang.

Seiring waktu, makan terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko mengembangkan kondisi kronis seperti diabetes atau penyakit jantung. Namun, jika Sahabat Dream mengalami makan yang berlebihan, beberapa teknik ini mungkin bisa membantu.

Shutterstock© Shutterstock

Tips ini akan membantu mengubah perilaku dan juga menghentikan makan berlebihan.

 

1 dari 3 halaman

Hindari Lapar Secara Emosional

Kita cenderung makan berlebihan karena lapar secara emosional. Kelaparan emosional menarik kita ke dalam siklus stres, depresi, kebosanan, ketakutan, kesepian, dan kekosongan emosional. Memahami makanan pemicu Anda dan menghindarinya dapat membantu mengurangi kemungkinan makan berlebihan

Saat makan sebaiknya hindari gangguan seperti menonton televisi, meskipun kebiasaan ini mungkin tampak tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan makan berlebihan.

2 dari 3 halaman

Jangan Mengkonsumsi Makanan Langsung dari Wadah

Shutterstock© Shutterstock

Jika memungkinkan, hindari melewatkan makan karena dapat menyebabkan rasa lapar yang hebat, yang dalam banyak kasus dapat menyebabkan makan berlebihan saat makan.

3 dari 3 halaman

Hindari Stres dan Atur Jadwal Makan

Karena stres dapat menyebabkan makan berlebihan, penting untuk menemukan cara untuk mengurangi jumlah stres dalam kehidupan sehari-hari.

Juga pertahankan jadwal makan yang teratur. Pastikan juga makan makanan yang kaya serat, seperti kacang-kacangan, sayuran, gandum, dan buah, dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

(Source: Boldsky)

Beri Komentar