Menilik Manfaat Asam Amino yang Baik untuk Otot

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 28 November 2022 08:36
Menilik Manfaat Asam Amino yang Baik untuk Otot
Manusia sangat membutuhkan zat ini untuk proses membangun protein, hormon, dan neurotransmiter

Dream - Asam amino menjadi bahan penyusun protein yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Manusia sangat membutuhkan zat ini untuk proses membangun protein, hormon, dan neurotransmiter.

Asam amino terkonsentrasi dalam makanan kaya protein, seperti daging, ikan, dan kedelai. Zat ini sangat cocok untuk orang yang sedang menjalani program pembentukan otot. 

Istimewa© Istimewa

“ Asam amino terdiri dari esensial dan non-esensial. Asam amino esensial memiliki beberapa fungsi seperti membantu memperbaiki jaringan otot, dan berfungsi menjadi produsen energi bagi tubuh,” jelas Sakinah, Product & Nutrition PT Ajinomoto Indonesia pada keterangan tertulisnya.

1 dari 3 halaman

Mengurangi Nyeri Otot

Tak hanya untuk membentuk dan memperbaiki jaringan otot, asam amino juga dapat meningkatkan performa kala berolahraga.

“ Beberapa fungsi asam amino itu tentu saja sangat diperlukan untuk meningkatkan performa olahraga dan mengurangi nyeri otot saat berolahraga,” tambah Sakinah.

 

2 dari 3 halaman

Asam Amino Esensial

Bisa umpamakan protein itu adalah rumah, dan asam amino ini adalah batu bata, atau unit terkecil yang menyusun rumah (protein) tersebut.

“ Dari 9 asam amino esensial, terdapat Leusin, Isoleusin, dan Valin (BCAA) yang memiliki peranan sangat penting untuk mendukung performa olahraga. Nah BCAA ini dibutuhkan untuk meningkatkan masa otot, sehingga proses sintesis protein menjadi maksimal. Selain itu BCAA ini juga berfungsi untuk mengurangi kelelahan otot dan juga mempercepat proses pemulihan otot,” jelas Sakinah.

 

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Performa Atlet

Menurut Sakinah, berdasarkan studi yang telah dilakukan sebelumnya, suplementasi BCAA ini dapat membantu meningkatkan perfoma pada atlet yang sedang melakukan latihan endurance sebanyak 20%, dan dapat juga memperpanjang durasi olahraga hingga 17% jika suplementasi BCAA diberikan 1 jam sebelum aktivitas olahraga.

Melihat fungsi yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk aktivitas olahraga Ajinomoto menyediakan minuman yang mengandung asam amino.

“ AminoVITAL merupakan minuman jeli asam amino rasa apel Sport Drink No.1 di Jepang. Dalam 1 kemasan 100gr (2 sajian) mengandung 3.000 mg asam amino dan 1.640 mg BCAA (Leusin, Isoleusin, Valin) dan sudah bersertifikasi halal untuk para atlet dan para pegiat olahraga,” ucapnya.

Produk aminoVITAL ini baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau di tengah-tengah berolahraga.

Beri Komentar