3.000 Simpatisan ISIS di Wilayah Kekuasaan Terakhir Menyerah

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 14 Maret 2019 18:03
3.000 Simpatisan ISIS di Wilayah Kekuasaan Terakhir Menyerah
Kondisi kamp pengungsi semakin padat.

Dream - Pejuang Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menyebut, sebanyak 3.000 orang yang bergabung dengan ISIS menyerah dan keluar dari Baghouz, timur Suriah.

Dilaporkan Al Jazeera, Anggota SDF, Mustafa Bali mengatakan, para militan Suriah itu keluar melalui koridor kemanusiaan yang didirikan warga Kurdi. Diantara ribuan orang yang menyerah pada 5 Maret 2019 tersebut, merupakan tentara militan ISIS.

Proses penyerahan diri bermula saat pasukan SDF mengepung wilyah Baghouz yang dihuni simpatisan ISIS. Wilayah Baghouz disebut sebagai wilayah terakhir yang dikuasai ISIS.

Meski begitu, aktivis setempat menyebut masih ada ratusan pejuang dan warga ISIS yang berada di wilayah Baghouz.

Sejak 20 Februari 2019, lebih dari 10.000 orang telah meninggalkan kantong persembunyian ISIS. Banyak diantara yang menyerahkan diri yaitu perempuan dan anak-anak.

Para perempuan dan anak-anak tersebut dibawa ke sebuah lokasi pengungsi untuk orang-orang terlantar di wilayah utara Suriah. Sementara itu, para tentara dimasukkan ke fasilitas penahanan.

Seorang pejabat Komite Internasional untuk Palang Merah, Robert Mardini, mengatakan, bahwa populasi di kamp pengunsi telah meningkat drastis.

Pada awal Desember tercatat 34.000 orang, menjadi 45.000. Dia mengatakan, beberapa ribu orang terutama wanita dan anak-anak tiba setiap hari jumlah itu " terus bertambah" .

Mardini mengatakan mereka yang keluar dari Baghouz menderita " sakit, terluka, lelah, dan takut" .

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara