8 Ormas Lintas Agama Berkumpul Bahas Isu Perubahan Iklim

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 5 September 2015 12:01
8 Ormas Lintas Agama Berkumpul Bahas Isu Perubahan Iklim
Gerakan ini bertujuan menjaga kelestarian alam dengan mendasarkan pada ajaran agama.

Dream - Sejumlah perwakilan dari delapan ormas lintas agama berkumpul untuk membahas isu perubahan iklim. Mereka lalu merumuskan gerakan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan.

Sejumlah ormas lintas agama yang hadir dalam diskusi gagasan Center for Dialogue dan Cooperation among Civilization (CDCC) yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Perhimpunan Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin).

Pendiri CDCC, Din Syamsuddin mengatakan gerakan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam berbasis keagamaan. Menurut dia, dengan landasan agama para pemuka yang bergabung dapat mengajak umat beragama melakukan tindakan nyata dalam penyelamatan kerusakan bumi.

" Gerakan ini murni faith based organizations. Mari bergerak secara konkret berlandaskan agama," ujar Din di Kantor CDCC, Jalan Kemiri nomor 24 Jakarta Pusat, Jumat, 4 September 2015.

Anggota Matakin, Wawan Kurniawan menyetujui gerakan ini. Menurutnya, gerakan semacam ini dapat mendorong pemerintah untuk lebih peduli pada lingkungan.

Sementara itu, Ketua Bidang Lingkungan Hidup PHDI, Dharmasilan Ketia sudah saatnya umat beragama bersatu padu untuk bergerak pada kepedulian lingkungan. Menurutnya, fokus kerusakan lingkungan hidup haru menyasar kerusakan yang diakibatkan korporasi.

" Menteri Lingkungan hidup saja tidak bisa melawan karena penguasa modal itu mengatasnamakan ekonomi bangsa," katanya.

Rencananya gerakan ini akan secara resmi diluncurkan pada bertepatan dengan Hari Bumi, 24 Oktober 2015. Ke depan gerakan ini akan menyasar hingga daerah-daerah.

Beri Komentar