Benarkah Hari Ini Terjadi Badai Matahari, Ini Penjelasan Ahli

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 15 Maret 2019 15:00
Benarkah Hari Ini Terjadi Badai Matahari, Ini Penjelasan Ahli
Dikabarkan sinyal ponsel, satelit, dan navigasi GPS akan terganggu.

Dream - Mengutip spaceweather.com, laman Inggris The Express membuat judul menghebohkan, 'Solar strom Incoming: Massive blast of cosmic rays from the Sun heading to Earth on Friday'. Badai matahari akan tiba di Bumi, Jumat, 15 Maret 2019.

Dalam penjelasan yang disampaikan, spaceweather.com, peristiwa yang dialami pada hari ini bukanlah badai matahari, melainkan `solar winds`. Peristiwa angkasa ini menyebabkan badai geomagnetik yang berdampak pada pesawat televisi dan ponsel.

Tak hanya itu, angin matahari juga menyebabkan ekor komet mendorong es dan debu dari tubuh komet.

Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menjelaskan, aliran angin matahari cepat dari lubang korona biasanya tidak disebut badai matahari.

" Memang angin matahari tersebut bisa mengganggu medan magnet bumi, yang disebut badai geomagnetik dengan skala minor (lemah)" kata Djamaluddin, kepada Dream, Jumat, 15 Maret 2019.

Djamaluddin mengatakan, badai matahari dipicu oleh ledakan atau pelepasan energi yang kuat oleh fenomena flare atau CME. Badai matahari seperti itu bisa memicu gangguan magnet bumi (badai geomagnet) skala kuat sampai ekstrem. 

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 3 - 4G: Gercep - Gila - Gubrak - Go