Saudi Belum Beri Dana Santunan Tragedi `Crane` Mekah

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 26 September 2015 14:01
Saudi Belum Beri Dana Santunan Tragedi `Crane` Mekah
Kemenag belum mendapat informasi terkait mekanisme pencairan dan penyaluran dana santunan tersebut kepada keluarga korban.

Dream - Kementerian Agama menyatakan belum ada tindak lanjut terkait rencana pemberian santunan oleh Kerajaan Arab Saudi kepada korban tragedi jatuhnya crane atau derek raksasa di Masjidil Haram. Hingga saat ini, dana santunan belum diberikan oleh pihak kerajaan.

Kemenag juga belum mengetahui bagaimana teknis pencairan dan penyaluran dana tersebut. Hal itu termasuk juga mekanisme pengajuan tuntutan khusus kepada pihak penyebab insiden crane tersebut.

" Yang kami tahu hanya, iya benar sumbangan itu ada. Tapi untuk lainnya, kami tidak mengerti sama sekali. Kami terus berusaha koordinasi tapi belum ada jawaban," ujar Kabid Humas Kemenag Rosidin Karidi di kantornya, Jakarta, Jumat, 25 September 2015.

Tetapi, terang Rosidin, pihaknya akan terus mencari nama ahli waris yang berhak menerima sumbangan dan juga berhak, untuk menuntaskan haji bagi jemaah yang meninggal serta wakil keluarga yang dapat mengunjungi jemaah yang sakit.

Kemenag tidak menginginkan berbagai insiden seperti prosesi ibadah haji tahun terulang kembali.

" Tentu kami minta kejelasan soal teknisnya. Semuanya mempunyai keinginan agar perjalanan haji ini lancar dan baik. Kalau ada di luar itu, kami upayakan sebaik-baiknya," kata Rosidin. (Ism)

Beri Komentar