Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pidato Jokowi di Depan Trump: Umat Islam Korban Terorisme

Pidato Jokowi di Depan Trump: Umat Islam Korban Terorisme Presiden Jokowi (kanan) Disambut Raja Salman Bin Abdulazis Di Riyadh, Arab Saudi (Instagram/Setkab)

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato di depan para pemimpin tinggi dunia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islam Amerika di Riyadh, Arab Saudi. Jokowi menyampaikan keprihatinannya mengenai dampak konflik dan terorisme terhadap umat Islam.

"Umat Islam adalah korban terbanyak dari konflik dan radikalisme terorisme," kata Jokowi saat berpidato di Conference Hall King Abdulaziz Convention Center, sebagaimana dikutip Dream dari laman setkab.go.id, Senin 22 Mei 2017.

Untuk itu, kata Jokowi, KTT Arab Islam Amerika bermakna penting untuk mengirimkan pesan kemitraan dunia Islam dengan Amerika Serikat. Serta, menghilangkan stigma bahwa Islam merupakan musuh Amerika Serikat.

“Yang lebih penting lagi pertemuan ini harus mampu meningkatkan kerja sama pemberantasan terorisme dan sekaligus mengirimkan pesan perdamaian kepada dunia,” ujar dia.

Jokowi berpesan kepada para pemimpin dunia untuk menangani konflik dan terorisme yang merajalela, tidak hanya dengan kekuatan militer dan senjata saja. Perlu pendekatan 'soft-power' untuk menghindarkan masyarakat dari ide terorisme, misalnya mengajak warganet muda untuk menyebarkan pesan-pesan damai.

“Kami juga melibatkan dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama untuk terus mensyiarkan Islam yang damai dan toleran,” ucap dia.

Selain menyoroti isu dan perkembangan terorisme, Jokowi juga meminta dunia memperhatikan korban atas serangan teror dan konflik di Irak, Yaman, Suriah, dan Libya. Sebab, banyak di antara korban merupakan remaja dan anak-anak.

KTT Arab Islam Amerika diikuti oleh 55 negara. Beberapa pemimpin dunia yang hadir yaitu, Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud; Presiden Amerika Serikat, Donald Trump; Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah; Raja Jordan, Raja Abdullah II.

Ada pula Presiden Mesir, Abdelfattah Said Al-Sisi; Presiden Palestina, Mahmoud Abbas; Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani; dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi Tetapkan 16 Hari Libur di Tahun 2024, Ini Daftarnya

Jokowi Tetapkan 16 Hari Libur di Tahun 2024, Ini Daftarnya

Daftar 16 hari libur yang ditetapkan Jokowi tahun 2024

Baca Selengkapnya
Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Menurut Jokowi, tidak penting siapa yang mengundang dan memiliki inisiatif untuk bertemu.

Baca Selengkapnya
Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi mengungkap pertemuan itu dihadiri empat orang, namun ia enggan membeberkan siapa saja pihak yang dimaksud.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.