Polisi Tak Izinkan Forum Umat Islam Gelar 'Aksi 112'

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 8 Februari 2017 16:23
Polisi Tak Izinkan Forum Umat Islam Gelar 'Aksi 112'
Aksi tersebut dilarang lantaran digelar mendekati masa tenang jelang pemungutan suara Pilgub DKI Jakarta 2017.

Dream - Polda Metro Jaya tak memberikan izin untuk 'aksi 112' yang rencananya digelar oleh Forum Umat Islam (FUI) pada Sabtu 11 Februari 2017.

" Polda Metro menegaskan kembali bahwa untuk kegiatan turun ke jalan tanggal 11 Februari dilarang," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di kantornya, Jakarta, Rabu 8 Februari 2017.

Menurut Argo, aksi tersebut berpotensi menganggu ketertiban umum. Sebab, berdekatan dengan masa tenang Pilkada DKI Jakarta.

Dia menambahkan, apabila massa tetap melakukan aksi, maka dapat dibubarkan polisi secara paksa. Selain itu, aksi tersebut bisa dikenakan sanksi pidana.

" Nanti kalau tetap melakukan kegiatan Pasal 15 (UU Nomor 9 Tahun 1998), kami bisa membubarkan. Nanti, misalnya tetap juga (tidak bubar), Pasal 16 di situ (UU Nomor 9 Tahun 1998) kami bisa berikan sanksi," ucap dia.

Argo menambahkan, polisi akan mengomunikasikan larangan tersebut kepada penyelenggara rencana aksi itu. " Kami akan komunikasikan dan yang terpenting bahwa tanggal 11 Februari kami tidak mengizinkan," ujar dia.

Beri Komentar