Mentawai Digoyang Tiga Kali Gempa 5 SR, Tak Potensi Tsunami

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 13 Juni 2018 13:10
Mentawai Digoyang Tiga Kali Gempa 5 SR, Tak Potensi Tsunami
Gempa berkekuatan di atas 5 skala Richter. Tidak berpotensi tsunami.

Dream - Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat digoyang gemba berkekuatan 5,9 skala Richter sejak pukul 06.08 WIB. Sekitar 38 menit kemudian gempa berkekuatan 5,5 skala Richter kembali muncul.

Rentetan goncangan tak berhenti sampai di situ. Selang tiga jam, gempa berkekuatan 5,6 skala Richter turut menggoyang kepulauan di bagian barat Sumatera Barat itu.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tiga lokasi gempa berada di sekitar 2.00 lintang selatan dan 98.76 bujur timur. Atau berlokasi di sekitar 110 kilometer barat daya Kepulauan Mentawai.

Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, mengatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini masuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.

" Gempa ini muncul akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng barat Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault)," kata Rahmat dalam laman resmi BMKG, Rabu, 13 Juni 2018.

Dari Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) guncangan dirasakan di daerah Tua Pejat, Mentawai dengan skala II SIG-BMKG dan Padang dengan skala I SIG-BMKG.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan berat yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. " Hasil permodelan menunjukkan gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ujar dia.

(Sah)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik