Styrofoam Bisa Didaur Ulang Atau Tidak?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 19 September 2019 16:00
Styrofoam Bisa Didaur Ulang Atau Tidak?
Kalau ditangani dengan benar, barang ini bisa diurai.

Dream – Setiap kali melihat tumpukan sampah, mungkin styrofoam merupakan benda yang sering terlihat. Apalagi, setiap kali terjadi banjir akibat tersumbatnya saluran air maupun sungai, styrofoam selalu ada. 

Tak heran, orang menganggap pemakaian styrofoam merupakan ancaman besar bagi lingkungan dan jadi penyebab banjir. Styrofoam juga dianggap sebagai produk yang paling sulit diurai.

Padahal jika tahu caranya, sampah bisa diurai dengan mudah. Salah satunya dengan menggunakan energi panas atau bahan kimia.

" Jadi sekarang sampah tidak hanya bisa diurai dengan mikroba, tapi juga dengan thermal (panas) maupun chemical (kimiawi). Bahkan waktunya lebih cepat dan bisa langsung dijadikan barang bernilai ekonomi," kata Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran ITB, Akhmad Zainal Abidin, dalam seminar 'Memilih Kemasan Makanan yang dapat di Daur Ulang: Mengungkap Kebenaran di Balik Styrofoam' di Jakarta, Rabu 18 September 2019.

Sementara, Ketua Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), Christine Halim, juga mengungkapkan sampah styrofoam bisa didaur ulang. Bahkan bisa dibuat menjadi hiasan rumah tangga, batako, bingkai foto, pot tanaman, remot kontrol bahkan gantungan baju.

Semua bisa diwujudkan ketika sampah bisa dipilah dengan baik. Proses daur ulang lebih mudah dilakukan.

" Saat ini manajemen sampahnya masih kumpul, angkut dan buang. Sehingga menyulitkan daur ulang," tambah Zainal.

1 dari 7 halaman

Butuh Sinergi Dalam Pengelolaan Sampah

Pemilahan sampah yang benar harus dilaksanakan secara bersama oleh individu maupun Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). KLH didorong untuk membuat perubahan besar dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memilah sampah.

Dengan konsep manajemen sampah zero, sampah yang masuk bisa menjadi produk jadi. Malah tak perlu dibuang ke tempat pembuangan sampah atau tempat pembuangan akhir.

 

 

Semua produk yang dihasilkan juga diklaim memiliki nilai ekonomi. Sampah yang paling banyak dibenci, jumlahnya paling besar adalah yang mudah membusuk.

“ Saya bisa konversi barang sejumlah 1 kilogram menjadi 4 kilogram emas," kata Christine.

Jika bisa dilakukan secara kontinu, petani, peternak, nelayan dan pengusaha lainnya bisa mendapatkan untung secara besar-besaran. Mereka bisa menabung 90 persen dari sampah.

" Mudah-mudahan dari problem bisa jadi manfaat," kata dia. 

2 dari 7 halaman

Pengantin Ngamuk, Mengetahui Kue Pernikahan Rp37 Juta Terbuat dari Styrofoam

Dream - Mempelai wanita mana yang takkan menangis sata melihat kue pernikahan pesanannya tak sesuai harapan. Emosi semakin meledak manakala menyadari jika kue bernilah jutaan rupiah ternyata terbuat dari Styrofoam.

Petaka inilah yang terjadi para pernikahan pasangan Shine Tamayo dan Jhon Chen asal Filipina.

Kue pernikahan yang seharusnya menjadi salah satu hiasan tercantik di resepsi mereka ternyata jauh dari harapan.

 Pernikahan Tragis

Hari pernikahan yang seharusnya berjalan dengan bahagia sayangnya berakhir dengan tangis di sebuah kantor polisi.

Kisah berawal saat Shine dan Jhon menyesa jasa wedding planer untuk menyediakan makanan dan kue untuk resepsi pernikahan mereka yang digelar di kota Pasig, Filipina.

Biaya pun telah mereka keluarkan, yakni 140,000 piso atau sekitar Rp 37 jutaan.

3 dari 7 halaman

Tak Terdapat Makanan daan Kue dari Styrofoam

Namun saat pernikahan berlangsung, tidak terlihat sama sekali makanan untuk tamu yang sudah datang.

Malu dengan para undangan, mereka akhirnya membeli makanan dari restoran di seberang jalan.

 Pernikahan Tragis

 Pernikahan Tragis

 Pernikahan Tragis

Tak sampai disitu, hati pasangan ini benar-benar remuk saat mengetahui kue pernikahan yang akan dijadikan dessert ternyata palsu karena setengahnya berisi styrofoam.

 Pernikahan Tragis

 Pernikahan Tragis

Akibat kejadian ini, para tamu undangan pun membawa pengantin juga petugas yang bertanggung jawab ke kantor polisi.

 Pernikahan Tragis

 

4 dari 7 halaman

Ini Jadi Momen Terburuk

Dalam video yang diunggah Viral Press, Shine yang merasa kecewa pernikahannya tidak berjalan sesuai keinginan terlihat menangis di depan polisi, keluarga, dan teman-temannya.

 Pernikahan Tragis

" Wanita yang kami bayar untuk menyediakan makanan menghancurkan pernikahanku. Aku tidak akan menerima permintaan maaf darinya, permintaan maaf tidak cukup, dia harus masuk ke penjara karena merusak pernikahanku. Aku tidak pernah merasa sangat malu dalam hidupku. Ini seharusnya menjadi momen paling berharga dalam sepanjang hidupku. Malah menjadi yang terburuk," ungkap Shine.

Lihat videonya di sini

5 dari 7 halaman

Ups... Leonardo DiCaprio Unggah Lautan Sampah TPA Bantar Gebang

Dream - Aktor Leonardo DiCaprio dikenal sebagai salah satu selebriti Hollywood yang peduli dengan lingkungan. Tak hanya isu di negaranya, pemeran film Titanic ini ternyata menaruh perhatian pada Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Bukan kali ini saja, aktor yang masih single itu mengunggah status tentang kondisi lingkungan di Indonesia. Sebelumnya, Leo, sapaannya, pernah mengunggah foto tentang kondisi orang utan di Kalimantan.

Namun posting pemeran Jack dalam film Titanic itu cukup menyita perhatian karena dia mengunggah isu dan lokasi yang mungkin jarang diketahui masyarakat dunia.

Ditilik dari unggahannya, aktor berusia 44 tahun itu mengunggah sebuah foto dua orang pemmulung di tempat pembuangan akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

 

 

Foto itu di-repost dari akun Instagram sebuah media yang khusus membahas tentang lingkungan, Natgeo. 

" Pemulung mengumpulkan plastik dari antara sampah rumah tangga di tempat pembuangan Bantar Gabang dekat Jakarta, Indonesia," tulis Lionardo seperti diakses Dream, Senin 9 September 2019.

Peraih Piala Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik dalam film The Revenant juga menyebut, kalau Bantar Gebang merupakan tempat pembuangan yang terbesar di dunia.

" Ini dianggap sebagai tempat pembuangan terbesar di dunia," kata dia.

6 dari 7 halaman

Ada yang Malu

      View this post on Instagram

#Regram #RG @natgeo: Photo by Adam Dean @adamjdean | Garbage pickers collect plastic from among domestic waste in the Bantar Gabang dump near Jakarta, Indonesia. It's thought to be the world's largest dump. January 2019.

A post shared by Leonardo DiCaprio (@leonardodicaprio) on 

Unggahan Leo membuat terkejut fansnya asal Indonesia. Mereka juga turut prihatin karena aktor tersebut memperlihatkan pengelolaan sampah di Indonesia ke jutaan followernya.

"Gusti nu agung.. sekalinya Indonesia masuk IG babang Leo, eh malah soal Bantargebang..," komentar @anjanidparamita.

Netizen Indonesia lain turut berkomentar jika lokasi tempat pembuangan sampah itu bisa langsung dikenali tanpa membaca keterangan foto dari Leo.

"Liat dri gambar ajh udh tau klo ini di Indonesia -tanpa liat caption nya-," tulis @juicetea._.

7 dari 7 halaman

Netizen Lain Kritik Leonardo

Namun tak semua sependapat dengan julukan yang dibuat Leo soal TPA Bantar Gebang sebagai tempat pembuangan sampah terbesar di dunia.

Pemilik akun @arnoldhidayat meminta Leo hati-hati memberikan status pembuangan sampah terbesar di dunia. Menggunakan data statistik dalam komentarnya, akun itu mengatakan jika TPA terbesar dunia justru berada di Vegas, Nevada, AS.

Dilihat dari statistik jumlah sampah yang masuk, TPA di Nevada menerima skeitar 9000 ton per hari. Angka itu jauh lebih besar dari TPA Bantar Gebang yang hanya menerima 750 ton sampai per hari

" Dear Sir! Be careful to use your voice to stated " the world's largest dump" . Statistically tells differently tho, Apex Regional, Las Vegas, Nevada, USA (2,200 acres) is the largest dumpsite and according to the data it receives about 9,000 tons of municipal solid waste PER DAY, meanwhile bantar gebang only receives 750p tons per day! Well, what are you trying to say with this post?," komentar akun @arnoldhidayat

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal