Dua Kali Kecelakaan Saat Latihan F1, Ini Kata Rio Haryanto

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 26 Februari 2016 13:48
Dua Kali Kecelakaan Saat Latihan F1, Ini Kata Rio Haryanto
Rio Haryanto dua kali kecelakaan dalam dua latihan.

Dream - Pembalap F1 asal Indonesia, Rio Haryanto, mengalami dua kali kecelakaan dalam dua sesi latihan di Sirkuit Katalunya, Barcelona, Spanyol. Pada latihan sesi pagi Rabu yang lalu, Rio keluar lintasan. Yang terbaru, pada sesi sore Kamis kemarin, dia menabrak tembok pembatas pada tikungan ke empat.

Rio mengaku terlalu memaksakan diri untuk meraih yang terbaik dalam dua sesi latihannya itu. Namun hasilnya malah tidak sesuai yang dia harapkan.

" Anda melihat, hari ini saya membuat kesalahan. Saya harus belajar dari itu, dan tak akan mengulanginya lagi di masa mendatang," tutur Rio sebagaimana dikutip Dream dari Auto Sport, Jumat 26 Februari 2016.

Pembalam tim Manor kelahiran Surakarta itu mengaku terus belajar. Dia sebisa mungkin akan melakukan yang terbaik sebelum balapan resmi F1 dimulai.

" Diharapkan sebelum akhir tes minggu depan saya akan merasa jauh lebih nyaman. Kemarin saya masih belajar banyak tentang tim, tapi hari ini saya rasa banyak kemajuan," ujar Rio.

Dia yakin semakin hari akan terbiasa. " Itulah sebabnya saya percaya akan ada lebih banyak hal datang dari saya karena saya masih sangat baru untuk mobil."

1 dari 3 halaman

Kecelakaan Lagi, Mobil F1 Rio Haryanto Tabrak Pembatas

Dream - Rio Haryanto kembali menghadapi masalah pada saat menjalani tes pramusim hari ke empat di Sirkuit Katalunya, Barcelona, Spanyol, pada Kamis kemarin. Pembalap Formula 1 tim Manor Racing asal Indonesia itu menabrak tembok pembatas pada tikungan ke empat.

" Mobil Rio Haryanto dibawa kembali ke pit lane setelah menabrak di tikungan 4. Dia baik-baik saja," demikian informasi yang dikutip Dream dari akun Twitter F1, @F1.

Karena kecelakaan ini, panitia balapan mengibarkan bendera merah, pertanda latihan dihentikan. Sebelumnya, pada Rabu lalu, Rio juga mengalami kecelakaan. Mobil MRT05 yang dia kendarai melintir, keluar lintasan, pada tikungan ke lima.

" Saya di sni mendorong untuk meraih hasil maksimum dari diri dan mobil. Anda melihat, hari ini saya membuat kesalahan. Saya harus belajar dari itu, dan tak akan mengulanginya lagi di masa mendatang," tutur Rio.

Dalam latihan sesi sore itu, Rio menjalani 51 lap dengan catatan waktu 1 menit 28,266 detik. Raihan ini terpaut 4,7 detik dari pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang menyelesaikan 79 lap dengan waktu 1 menit 23,477 detik.

2 dari 3 halaman

Rio Kalahkan Felipe Massa

Dream - Pebalap Formula 1 asal Indonesia dari tim Manor Racing, Rio Haryanto, mengalahkan catatan waktu yang ditorehkan Felipe Massa pada sesi latihan hari Kamis, 25 Februari 2016, di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Rio berhasil menyelesaikan 31 putaran dengan catatan waktu terbaik 1 menit 29,878 detik.

Dalam sesi tes hari keempat itu Rio berhasil menempati posisi ke-9. Rio berhasil menyisihkan dua pembalap senior Felipe Massa dan Fernando Alonso.

Massa yang mengendarai mobil dari tim Williams sepanjang 28 laps, hanya memeroleh waktu terbaik 1 menit 38,216 detik. Sedangkan Alonso, dalam tes hari ini hanya mampu menempuh tiga kali putaran.

Posisi pertama waktu terbaik ditempati Kimi Raikkonen dari tim Ferrari. Raikkonen berhasil menorehkan 1 menit 24 detik dan menyelesaikan 47 putaran.

Pebalap Kevin Magnussen dari tim Renault berada di belakang Raikkonen dengan catatan waktu terbaik 1 menit 25,263 detik. Adapun di posisi ketiga catatan waktu terbaik diperoleh Max Verstappen dari tim Toro Rosso dengan catatan waktu 1 menit 25,393 detik.

3 dari 3 halaman

Debut Tak Mulus

Dream - Debut Rio Haryanto pada ajang balap F1 tak berjalan mulus. Mobil pembalap tim Manor Racing asal Indonesia itu keluar lintasan pada lap ke-25.

Akibat insiden itu, bendera merah dikibarkan oleh panitia. Dan balapan pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol itu dihentikan.

“ Drama bendera merah pada akhir sesi pagi karena keluarnya Rio Haryanto pada tikungan 5. Mobil sudah diamankan,” demikian tulis akun resmi Twiter Formula One, @F1.

Rio yang mengendarai mobil MRT05 sebenarnya tampil lumayan. Catatan waktunya terus membaik. Pada lap pertama dia mencatatkan waktu 1 menit, 35,1 detik. Lambat laun, dia mampu menipiskan waktu dengan pembalap terdepan.

Dalam balapan itu, Rio membukukan catatan waktu terbaik 1 menit, 29,8 detik. Berada di posisi 10 pada sesi pagi di hari ke tiga itu. Catatan itu selisih 4 detik dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein yang kemarin mencatatkan waktu 1 menit, 25,9 detik.

Tapi sayang, mobil Rio melintir di tikungan lima lap ke-25 itu. Laju mobilnya pun terhenti. Sebelum akhirnya bendera merah dikibarkan.

Mobil Rio kemudian diderek untuk diperbaiki. Tak diketahui apa penyebab kecelakaan ini. Yang jelas, Rio tak cidera.

Beri Komentar