5 Jenis Olahraga Mudah untuk Kamu yang Tak Suka Lari

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 6 Agustus 2019 10:36
5 Jenis Olahraga Mudah untuk Kamu yang Tak Suka Lari
Tidak semua orang menyukai olahraga lari. Untuk kalian yang tidak menyukai olahraga lari, bisa mengganti olahraga dengan cara berolahraga ini.

Dream- Olahraga lari merupakan olahraga paling mudah yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Meski sederhana, lari merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang efektif. Tak heran tren lari marathon saat ini mulai banyak berkembang. 

Namun sayangnya masih banyak juga orang yang tak menyukai olahraga lari. Mereka langsung mundur saat mengetahui olahraga olahraga lari membutuhkan kebugaran tubuh dan stamina yang baik.

Berlari merupakan metode latihan kardio atau ketahanan. Dengan berlari, jantung akan bekerja lebih efektif sehingga fungsi memompa darah berjalan dengan baik.

Kamu bukan tipe penyuka olahraga lari? Pilihan setiap orang memang berbeda-beda. Tapi yang pasti, olahraga sangat dibutuhkan tubuh. 

Selain lari, ternyata banyak jenis olahraga lain yang memiliki fungsi hampir sama dengan berlari.

Berikut lima olahraga tanpa mesin kardio yang baik untuk latihan kardio dan memperlancar aliran darah seperti sedang olahraga lari.

1 dari 5 halaman

Tips Olahraga dengan Lompa Tali

 Olahraga Tanpa Lari

Latihan olahraga dibedakan menjadi dua, yaitu olahraga yang menggunakan alat dan olahraga yang tidak menggunakan alat. Alat-alat olahraga yang lengkap biasanya dapat kita temui di tempat gym.

Tak mau ke gym? Sahabat Dream bisa melakukan latihan lompat tali di rumah. 

Olahraga lompat tali ternyata memiliki manfaat yang hampir sama dengan lari. Semudah berlari, kamu hanya tinggal menyiapkan alat lompat tali sederhana dan ruangan yang lebih luas atau di halaman rumah.

Sebuah penelitian menemukan fakta jika lompat tali selama 10 menit memiliki tingkat keefektifan yang sama dengan olahraga lari selama 30 menit.

Untuk melakukan latihan lompat tali yang tepat, kita bisa menjaga siku kita tetap dekat dengan tubuh untuk menjaga keseimbangan. Setelah nyaman dengan lompatan yang biasa, mulai tambahan variasi lompatan dari sisi satu ke sisi yang lain.

2 dari 5 halaman

Tips Olahraga dengan Tinju

 Olahraga Tanpa Lari

Jenis olahraga lain bagi kamu yang tidak menyukai lari adalah tinju atau lebih kerennya dikenal sebagai boxing atau kickboxing.

Untuk bisa melakukan olahraga yang satu ini, Sahabat Dream tidak perlu datang ke tempat latihan tinju, karena olahraga ini bisa saja dilakukan di rumah.

Kita bisa mempraktekkan gerakan tinju atau kickboxing, seperti tendangan, pukulan dan gerakan menyeret yang dapat melatih otot-otot tubuh bagian atas-bawah. Gerakan ini juga bermanfaat untuk memompa jantung lebih baik.

Untuk melakukan latihan tinju yang tepat ada beberapa tips olahraga yang bisa dilakukan yaitu:

-    Menggunakan kombinasi gerakan jab, crosses, dan menendang sebagai latihan tinju yang sederhana. Sahabat Dream juga bisa meniru gerakan olahraga tinju melalui video tutorial yang ada di internet.
-    Untuk menambah tantangan olahraga tinju, kita juga bisa menambahkan bebean dengan menambah dumbbell pada lengan dan kaki.

3 dari 5 halaman

Tips Olahraga dengan Senam

 Olahraga Tanpa Lari

Jenis olahraga selanjutnya yang baik untuk latihan ketahanan ialah senam atau latihan kalistenik. Olahraga satu ini memiliki banyak variasi gerakan yang juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Kabar baiknya, kamu tak perlu susah payah mempersiapkan olahraga yang satu ini.

Selain di klub senam, olahraga ini bisa juga dilakukan sendiri di rumah dengan mengikuti video tutorial di internet.

Ada banyak variasi gerakan dalam senam yang memiliki fungsi dan manfaat masing-masing. Untuk kebebasan dan variasi gerakan, Sahabat Dream bisa mencari tempat olahraga yang luas dan memiliki palang, sehingga olahraga tidak akan terganggu dengan kehadiran orang lain.

Untuk menghasilkan bentuk tubuh yang kuat, latihan senam akan sangat efektif apabila dilakukan secara rutin dan berfokus pada gerakan-gerakan pada bagian tubuh atas, dan bawah.

4 dari 5 halaman

Tips Olahraga dengan Moving Planks

 Olahraga Tanpa Lari

Planks atau papan, istilah yang sering digunakan dalam menyebutkan bentuk olahraga yang memerlukan tubuh pada posisi seperti papan. Dengan rutin melakukan olahraga yang satu ini, Sahabat Dream bisa mendapatkan manfaat yang serupa dengan olahraga berlari.

Tidak hanya itu saja, Move Planks juga dapat meningkatkan detak jantung dan menyalurkannya dengan baik ke seluruh tubuh.

Ada dua tips olahraga dengan move planks, seperti:
-    Selalu menjaga lurus posisi punggung ketika melakukan planking.
-    Kita juga bisa menambahkan beberapa gerakan ekstra, seperti slider, skuter, atau gerakan lain yang akan membuat tubuh bekerja keras mempertahankan posisi planking.

5 dari 5 halaman

Tips Olahraga dengan dengan Mengangkat Beban di Atas Kepala

 Olahraga Tanpa Lari

Tips olahraga kardio pengganti lari yang terakhir ialah mengangkat beban di atas kepala. Etis, bukan berarti kamu menaruh beban di kepala ya Sahabat Dream.

Olahraga ini berupa angkat beban dengan tangan dan mengangkatnya hingga ke posisi di atas kepala.

Lakukan latihan ini sembari berjalan dan terus mengangkat beban secara bergantian antara tangan kanan dan kiri. Latihan sederhana ini sama efektifnya dengan olahraga lari yang dilakukan secara rutin.

Bahkan dengan mempraktekkan latihan ini, tidak hanya dapat meningkatkan detak jantung saja, tapi juga bisa membangun kekuatan otot lengan. Tips untuk melakukan olahraga ini ada tiga, yaitu:
-    Memilih berat beban yang tidak terlalu berat sehingga tidak membebani tubuh.
-    Membawa beban dengan berjalan, dan tidak harus di atas kepala, tapi juga mengangkat beban di samping badan.
-    Kita juga bisa mengangkat langsung beban ke atas bahu tanpa melewati tubuh bagian samping.

(Sah, Sumber: Healthline)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting