10 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani Bagi Kesehatan Fisik Maupun Mental

Reporter : Arini Saadah
Senin, 8 Juni 2020 13:48
10 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani Bagi Kesehatan Fisik Maupun Mental
Olahraga dalam latihan kebugaran jasmani bisa berupa senam aerobik, angkat beban, dan yoga.

Dream Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara rutin bisa meningaktkan imun tubuh dan juga kekuatan otot. Olahraga dalam latihan kebugaran jasmani bisa berupa senam aerobik, angkat beban, dan yoga.

Tidak hanya fisik, latihan kebugaran jasmani juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Jika kamu menginginkan manfaat maksimal dari latihan kebugaran jasmani, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin setiap hari.

Olahraga kebugaran jasmani bermanfaat membakar kalori dan menurunkan risiko munculnya berbagai macam penyakit. Berjalan dan berlari kecil juga sangat baik untuk mengontrol kesehatan tubuh beserta meningkatkan mood harian kamu.

Dikutip dari Healthline, inilah 10 manfaat latihan kebugaran jasmani bagi kesehatan tubuh maupun mental:

1 dari 10 halaman

Membakar Kalori

Ilustrasi© Pexels

Latihan kebugaran jasmani dapat membantu membakar kalori dalam tubuh kamu Sahabat Dream. Kamu bisa melakukan senam aerobik atau berjalan rutin setiap hari dapat membakar kalori tubuhmu. Proses pembakaran kalori saat olahraga ini dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan.

2 dari 10 halaman

Menyehatkan Organ Jantung

Ilustrasi© Pexels

Latihan kebugaran jasmani secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit jantung atau strok. Olahraga secara rutin akan menguatkan otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Otot jantung yang kuat dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan begitu risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah juga akan lebih rendah.

Melansir dari Alodokter, latihan kebugaran jasmani ternyata bermanfaat untuk meningaktkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh sehingga menurunkan risiko munculnya penyakit jantung koroner.

3 dari 10 halaman

Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Ilustrasi© Pixabay

Selain menyehatkan jantung, latihan kebugaran jasmani juga dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Sebab, ketika olahraga, sel-sel tubuh menjadi lebih mudah untukmengambil gula dari dalam darah.

Jika kamu berolahraga secara rutin, kadar gula darah kamu bisa dikontrol dnegan baik dan menjadi stabil. Sehingga kamu akan lebih sedikit terkena risiko diabetes tipe-2.

4 dari 10 halaman

Meredakan Nyeri Sendi

Ilustrasi© Pixabay

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga bisa meredakan nyeri sendi. Olahraga, dalam hal ini berjalan rutin atau berlari-lari kecil, dapat membantu melindungi persendian, termasuk lutut dan persendian.

Latihan kebugaran jasmani juga bermanfaat mengurangi rasa sakit bagi penderita artritis. Sering berjalan dan lari kecil juga bisa membantu mencegah radang pada persendian.

5 dari 10 halaman

Meningkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi© Pexels

Latihan kebugaran jasmani juga bisa mengurangi risiko terserang flu. Gejala flu akan berkurang dan perlahan hilang jika kamu melakukan olahraga, sepeti senam aerobik atau jogging. Cobalah untuk melakukan olahraga setiap hari untuk merasakan manfaatnya. Olahraga setiap hari akan meningkatkan imunitas tubuh kita.

6 dari 10 halaman

Meningkatkan Energi Tubuh

Ilustrasi© Pexels

Latihan kebugaran jasmani juga bermanfaat untuk meningkatkan energi di dalam tubuh kita. Olahraga lebih efektif meningkatkan energi tubuh daripada minum secangkir kopi.

Sebab, olahraga dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Latihan kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan kadar kortisol, epinefrin dan norepinefrin. Hormon inilah yang berfungsi meningkatkan energi di dalam tubuh.

7 dari 10 halaman

Memperbaiki Mood Harian

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga dapat memperbaiki mood harian kamu yang mungkin sedang memburuk. Karena latihan kebugaran jasmani dapat memperbaiki suasana hati kamu dengan meningkatkan kadar hormone endofrin yang akhirnya memicu rasa senang dan perasaan positif.

Selain itu, latihan kebugaran jasmani juga dapat mengalihkan perhatian kita dari hal-hal negative yang berkecamuk dalam pikiran kita.

8 dari 10 halaman

Memperpanjang Usia

Ilustrasi© Pexels

Latihan kebugaran jasmani juga dapat memperpanjang usia loh Sahabat Dream. Hal ini bisa dijelaskan dengan berbagai risiko penyakit yang semakin berkurang dari tubuh kita, sehingga kita bisa mengupayakan untuk hidup secara sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa olahraga berupa berjalan lambat maupun cepat berpengaruh pada penurunan risiko kematian secara keseluruhan. Penelitian ini mengamati hubungan antara berjalan dengan lebih cepat dan faktor-faktor seperti penyebab kematian, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker.

Dengan rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, akan banyak manfaat kesehatan yang kamu dapatkan, sehingga akan memperpanjang usia.

9 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi© Pexels

Manfaat latihan kebugaran jasmani selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Olahraga kebugaran jasmani dapat membantu memperkuat tulang dan kepadatan otot yang lebih baik.

Olahraga secara rutin juga dapat mencegah osteoporosis, utamanya bagi orang yang masih berusia 20-30 tahun. Latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat tulang kamu antara lain mendaki, naik turun tangga, dan angkat beban.

10 dari 10 halaman

Mencegah dan Mengurangi Stres

Ilustrasi© Pexels

Manfaat latihan kebugaran jasmani bagi kesehatan mental adalah dapat mengurangi stress yang bermuara pada depresi. Gejala depresi berupa stress dapat membuat seseorang susah tidur. Dengan olahraga akan membantu meningkatkan kulaitas tidur kamu di malam hari, Sahabat Dream.

Menurut keterangan dari Alodokter, olahraga juga dapat meningkatkan kadar serotonin dalam darah yang umumnya menurun pada penderita depresi. Orang yang rutin berolahraga umumnya memiliki emosi dan kesehatan mental yang lebih baik.

Nah, itulah 10 manfaat latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu dapatkan, apabila kamu mulai rutin berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Akan tetapi jika kondisi tubuh sedang lelah, jangan memaksakan diri untuk tetap berolahraga.

Latihlah tubuhmu secara rutin dan tidak berlebihan. Apalagi bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan jantung, diabetes, dan radang sendi, lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu olahraga apa yang cocok untuk dilakukan.

Beri Komentar