Ini Tanda Kamu Perlu Ambil Cuti untuk Beristirahat Sejenak dari Rutinitas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 Oktober 2021 17:16
Ini Tanda Kamu Perlu Ambil Cuti untuk Beristirahat Sejenak dari Rutinitas
Tahukah kamu tubuh sering memberikan sinyal untuk beristirahat loh, apa saja sih tanda-tanda kamu harus mengambil cuti? Berikut ulasannya

Dream - Pekerja memiliki hak untuk mengajukan cuti dalam setahun, masalah cuti ini juga sudah dibahas dengan jelas di Undang-undang Cipta Kerja Kluster Ketenagakerjaan yang menuliskan bahwa karyawan berhak mendapatkan jatah cuti paling sedikit 12 hari setelah karyawan tersebut bekerja 12 bulan di perusahaan tersebut.

Untuk urusan cuti tersebut, kini banyak perusahaan menerapkan sistem informasi cuti pegawai berbasis web agar efektif dan efisien.

Ambil Cuti© shutterstock.com

Tanda Tanda Kamu Butuh Ambil Cuti

Jadi untuk kamu yang sudah bekerja lebih dari satu tahun berhak untuk mengajukan cuti. Nah memanfaatkan hak cuti bisa untuk me-refresh diri agar menjaga performa. Tahukah kamu tubuh sering memberikan sinyal untuk beristirahat loh, apa saja sih tanda-tanda kamu harus mengambil cuti? Berikut ulasannya untuk kamu

1 dari 4 halaman

1. Pikiran Sudah Tidak Fokus ke Pekerjaan

Hal yang harus kamu sadari ketika kamu memerlukan cuti adalah ketika pikiran sudah tidak fokus terhadap kerjaan di kantor. Biasanya kamu semangat berangkat pagi dan melakukan pekerjaan secara teratur, namun sekarang berangkat pagi terlalu malas, pekerjaan tidak kunjung selesai bahkan kamu tidak memiliki motivasi untuk bekerja.

Jika sudah memiliki ciri seperti ini berarti kamu memerlukan istirahat dari bekerja. Kamu memerlukan penyegaran otak dan badan untuk mengembalikan mood bekerja lagi. Daripada pekerjaan dipaksakan dan tidak optimal akan lebih baik kamu istirahat sejenak dan mengatur otak dan tubuh mu kembali agar siap menghadapi pekerjaan.

Ambil Cuti© shutterstock.com

Bosan dan lelah itu manusiawi banget kok, apalagi setelah bekerja terus menerus tubuh akan kelelahan dan pikiran akan merasa jenuh.

2. Tidak Menemukan Motivasi Dalam Bekerja

Jika kamu sudah kehilangan motivasi bekerja berarti sudah waktunya kamu mengajukan jatah cuti. Bekerja seharusnya dilakukan dengan baik namun ketika kamu merasa datar, bekerja hanyalah rutinitas dan keseharian, tidak ada pencapaian lain, ini adalah sinyal bahwa kamu perlu break dulu dari dunia kerja.

Hilangnya motivasi pekerjaan ini membuatmu cepat merasa bosan, ingin segera weekend atau selalu melihat jam ingin segera pulang dan tidur. Hal ini menandakan kamu lelah dan butuh hiburan. Disaat saat seperti ini kamu cenderung melihat segala sesuatunya dengan buruk. Agar tidak berlarut-larut segeralah mengambil jatah cuti dan liburan.

2 dari 4 halaman

3. Overthinking Soal Pekerjaan

Bekerja memang berat namun jika pekerjaanmu sampai menjadi pikiran yang berlarut-larut hal ini bisa membawa pengaruh buruk ke dirimu sampai ke lingkunganmu. Kamu jadi murung dan mudah marah, malas berinteraksi dengan seseorang dan yang paling utama adalah masalah kesehatan. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut dan mengganggu hidupmu lebih baik segera selesaikan dan ambil cuti, dapatkan hiburan yang membuatmu lebih rileks.

Ambil Cuti© shutterstock.com

4. Kehilangan Waktu Berkumpul

Menjadi pekerja memang harus fokus kepada pekerjaan namun hal ini jangan sampai membuatmu kehilangan waktu bersama keluarga. Jika hal ini terus terjadi pastinya akan mengganggu kehidupan keluarga. Untuk menghindarinya Kamu harus segera mengambil jatah cuti agar waktu luang dengan keluarga. Pastinya hal ini ditunggu oleh keluarga kamu dengan mengambil cuti kamu juga beristirahat dengan baik dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengambil Cuti untuk Karyawan

Setelah mengetahui kapan kamu perlu mengambil cuti, berikut adalah manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengambil jatah cuti.

1. Pikiran lebih terbuka dan segar

Beristirahat maupun berlibur membuat kamu merasa lebih baik karena pikiran lebih terbuka. Badan terasa lebih fresh segala hal soal pekerjaan dilupakan sejenak, tidak ada hal yang membebanimu. Dengan pikiran yang lebih fresh ini tentunya membuat kamu merasa siap untuk bekerja dan mendapatkan tugas lagi.

2. Tidak lagi bosan

Mengambil jatah cuti adalah waktumu untuk lari dari rutinitas pekerjaan yang membosankan, jika kamu mengambil jatah cuti maka kamu memiliki waktu untuk mengistirahatkan pikiran Hal ini membuat kamu tidak cepat bosan dengan pekerjaan dengan begitu performa kamu di kantor tetap bagus.

3. Bisa menikmati hidup

Beristirahat dari rutinitas membuatmu bisa menikmati hidup, waktu luang yang kamu dapatkan digunakan untuk menikmati hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan sebelumnya. Seperti bangun siang, menonton film, mengunjungi teman atau orang tua, ngopi bersama teman-teman ataupun membeli makanan yang kamu sukai langsung di tempatnya.

Ambil Cuti© shutterstock.com

Aktivitas yang menyenangkan ini bisa membuatmu lebih bahagia dan menikmati hidup. Kebahagiaan membuat rasa iri, insecure atau lainnya tertutupi sehingga bisa melihat banyak hal dengan sudut pandang yang berbeda. Masuk kerja pun lebih fresh karena pikiran sudah ringan dan hati sudah senang.

4 dari 4 halaman

4. Mendapatkan inspirasi

Untuk kamu yang bekerja di bidang kreatif tentunya inspirasi dalam pembuatan karya sangat diperlukan. Cuti adalah salah satu hal yang bisa membuatmu tetap update, di masa cuti kamu bisa berlibur atau menikmati banyak hal dimana hal ini bisa memberikanmu banyak ide yang fresh dan menarik.

5. Mental dan fisik lebih sehat

Beristirahat dan berlibur adalah suatu kebutuhan, banyak waktu yang dipergunakan di dalam ruangan dan terus berpikir. Hal ini tentunya akan membuatmu tertekan dan bosan, jika sudah begitu kamu akan rentan stress. Hindari stress dengan berlibur bersama pasangan maupun orang tersayang agar mendapatkan kesenangan.

Cuti adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam bekerja, untuk itu gunakan waktu cuti sebaik mungkin agar ke kantor lebih siap. Awali ke kantor dengan sistem informasi cuti pegawai berbasis web yang membantumu bekerja lebih teratur, Talenta by Mekari aplikasi absensi online yang cocok digunakan dan mudah dioperasikan.

Ambil Cuti© shutterstock.com

Aplikasi HRIS Talenta by Mekari memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.
Lewat aplikasi mobile, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, terdapat juga fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis. Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta by Mekari dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di websitenya. Yuk, coba sekarang!
Yuk download dan gunakan sistem informasi cuti pegawai berbasis web agar absensi lebih mudah.

Beri Komentar