Air Danau Toba Jadi Layak Diminum

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 14 April 2018 21:14
Air Danau Toba Jadi Layak Diminum
Kebersihan air tidak dapat dilihat dari permukaan saja, namun harus dipantau dari partikel terkecil hingga mencapai tahap aman untuk di konsumsi.

Dream - Masih sulitnya mendapatkan akses air bersih di beberapa daerah, membuat PT Suri Tani Pemuka (STP) anak perusahaan dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) menginisiasi pembangunan Filter Air Bersih di Danau Toba.

Guna mendukung Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Penyediaan Air Bersih (KSNP-SPAM) Pemerintah, pembangunan Fiter Air Bersih Danau Toba dilakukan dan diresmikan di Tambun Raya.

Diketahui, masyarakat Dusun Tiga Baru dan Dusun Sait Borno Nagori Tambun Raya hanya dapat mengharapkan air dari mata air, padahal mata air yang ada sering kali kering di musim kemarau dan cukup jauh dari tempat tinggal mereka

" Air Danau Toba adalah air kehidupan yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan hidup masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi filtrasi, air Danau Toba dapat dimanfaatkan untuk air minum," ujar Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA dalam keterangan tertulis, Sabtu 14 April 2018.

Menurut data versi Wateraid (2016), Indonesia berada di peringkat ke-6 dari 10 negara atau sekitar 32 juta orang di Indonesia tidak memiliki akses air bersih, padahal keberadaan air bersih memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Kata Rahmat, kebersihan air tidak dapat dilihat dari permukaan saja, namun harus dipantau dari partikel terkecil hingga mencapai tahap aman untuk di konsumsi.

“ Sistem filtrasi yang dibuat STP adalah Ultra Filtration Water Treatment, dimana air Danau Toba melewati penyaringan berlapis untuk memastikan kualitas air yang dihasilkan stabil dan baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat," jelas Rachmat.

Secara periodik, diperlukan pemeliharaan atas filter air ini agar selalu dapat bekerja dengan optimal. Sample air hasil filter ini juga telah diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan dinyatakan memenuhi syarat untuk air minum.

Pangulu Nagori Tambun Raya, Bitner Damanik sangat senang dengan adanya bantuan filter air bersih tersebut.

" Dengan memanfaatkan air dari Danau Toba kebutuhan warga akan air bersih dapat tercukupi. Saya sangat berterima kasih kepada perusahaan sudah peduli kebutuhan air bersih warga kami dan membuktikan air Danau Toba layak menjadi bahan baku air minum" ujarnya.

Filter air bersih ini diserahterimakan kepada masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Fasilitas ini selanjutnya akan dikelola oleh pemerintah daerah dan masyarakat.

Kegiatan lain yang dilakukan STP dalam mendukung kelestarian lingkungan adalah kegiatan Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) Danau Toba, penghijauan di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba seluas 20 Ha dan 11.000 pohon serta kegiatan menyasar anak Sekolah Dasar, yakni mengajarkan anak-anak daerah sekitar belajar Bahasa Inggris. 

Beri Komentar
Momo Geisha Umumkan Kehamilannya