Kalap Saat Buka Puasa, 100 Orang Masuk Rumah Sakit

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 26 Juni 2015 12:00
Kalap Saat Buka Puasa, 100 Orang Masuk Rumah Sakit
Ruang UGD pun menjadi sangat sibuk. Para pasien itu harus dirawat selama beberapa hari.

Dream - Seratus orang masuk Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Burjeel, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, selama minggu pertama bulan Ramadan. Para pasien itu rata-rata mengeluh sakit perut.

" Ini sudah biasa terjadi selama Ramadan," kata dokter jaga di Rumah Sakit Burjeel, Mohamed Magdi, sebagaimana dikutip Dream dari laman Morocco World News, Jumat 26 Juni 2015. " Ini sudah kami prediksi, karena terjadi setiap tahun."

Ruang UGD RS Burjeel jadi sibuk. Para pasien itu harus dirawat selama beberapa hari. Selain sakit perut, mereka juga mengeluh kepanasan. Namun pada umumnya, para pasien ini menderita gastritis atau peradangan pada dinding lambung dan gastroenteritis atau infeksi perut karena bakteri.

Menurut Mohamed, gastritis bisa disebabkan makan sembarangan dalam tempo yang cepat dengan porsi besar setelah puasa sepanjang hari. Buka puasa secara kalap inilah yang diyakini menyebabkan sakit perut, dan dalam beberapa kasus pasien menjadi muntah-muntah.

Sementara, gastroenteritis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dalam makanan. Orang berpuasa lebih sensitif terhadap bakteri karena pola makannya yang berubah. Kondisi ini dapat memperburuk kondisi perut dan pasien dapat menderita muntah, diare dan sakit perut parah.

Mohamed menganjurkan orang berpuasa selama bulan Ramadan untuk berbuka puasa secara bertahap, dengan makan beberapa kurma dengan kopi atau air putih, dan menunggu satu jam sebelum mengkonsumsi makanan berat.  Baca Juga: Ketulusan Pensiunan Rawat dan Didik Anak Jalanan Gelombang Panas Pakistan Sudah Tewaskan 1.000 Orang Tidak Boleh Keramas Saat Puasa, Benarkah? Kasus Kekerasan di Thailand Selatan Turun 73% Selama Ramadan Supermarket Pajang Produk Haram di Stan Ramadan Batalkah Puasa Kita Saat Lakukan Hal Ini? Kultim: Keajaiban Doa Orangtua dan Guru bagi Anak Israel Cabut Izin Warga Gaza Masuk Masjidil Aqsa

Beri Komentar