10 Profesi Bergaji Besar Bagi yang Malas Sekolah (1)

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 13 Februari 2015 07:30
10 Profesi Bergaji Besar Bagi yang Malas Sekolah (1)
Anda tipe pekerja yang percaya pendidikan menentukan besaran gaji atau justru sebaliknya.

Dream - Tanpa mengecilkan dunia pendidikan, selama ini masih banyak anggapan segelintir orang yang rela berburu gelar hingga ke luar negeri untuk memuluskan karirnya. Gelar yang tersemat dalam namanya diyakini bisa jadi jaminan memiliki posisi tinggi di sebuah perusahaan. 

Sebaliknya, ada juga yang segelintir orang yang merasa cukup puas dengan lulus sekolah menengah atas dan kemudian mengambil diploma untuk bekerja. Jalan lebih singkat adalah menjadi siswa sekolah menengah kejuruan agar cepat mendapat kerja.

Setiap orang memang mempunyai penilaian dan keyakinannya sendiri.  Meski memakai acuan gaji profesi di Amerika Serikat, setidaknya pekerjaan ini memberikan gambaran mengenai profesi yang bisa dijadikan rujukan. 

Mengutip laman therichest, Jumat, 13 februari 2015, berikut adalah 10 pekerjaan yang tidak memerlukan gelar tinggi yang banyak namun bergaji besar:

1 dari 5 halaman

10. Teknisi Listrik dan Elektronika

10. Teknisi Listrik dan Elektronika

Gaji: US$ 57.850 (Rp 739,9 juta)

Dengan gaji US$ 57,850, teknisi listrik dan elektronika bekerja menjadi asisten dalam mengembangkan produk seperti komputer, alat pemantau kesehatan dan peralatan komunikasi serta navigasi. Teknisi listrik menyusun dan memperbaiki sistem dan instrumen lisstrik. Dia juga bisa menggambar diagram dan menulis spesifikasi.

Sementara tekniksi elektronika membuat alat, menciptakan prototipe dan membuat kumparan, PCB dan komponen elektronika lainnya. Mereka juga bisa memperbaik komponen elektronika.

Kedua profesi ini hanya membutuhkan gelar setingkat diploma.

 

2 dari 5 halaman

9. Bagian Pembelian

9. Bagian Pembelian

Gaji: US$ 58.760 (Rp 751,5 juta)

Agen pembelian membeli produk untuk perusahaan mereka, baik untuk dijual kembali atau digunakan sendiri. Dengan gaji US$ 58,760 mereka biasanya datang ke pameran perdagangan dan konferensi-konferensi untuk mencari produk dan jasa yang bisa dibeli. Mereka juga bertemu dengan pemasok dan vendor untuk mendapatkan produk dan jasa bagi perusahaan mereka.

Tugas lainnya dari agen pembelian adalah melakukan evaluasi proposal penjualan, menegosiasi kontrak, dan memberikan ulasan terhadap catatan dan kontrak untuk memastikan syarat-syarat pembelian telah sesuai dengan kesepakatan.

Menurut Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) Amerika Serikat (AS), syarat pendidikan terendah dari agen pembelian bervariasi, tergantung perusahaan dan produk. Lulusan D3 sudah cukup untuk menjadi agen pembelian karena biasanya mereka tetap menjalani job training saat diterima di perusahaan. Namun ada juga perusahaan yang menginginkan lulusan S1.

 

3 dari 5 halaman

8. Petugas Klaim dan Penyidik Asuransi

8. Petugas Klaim dan Penyidik Asuransi

Gaji: US$ 59.850 (Rp 765,4 juta)

Bergaji US$ 59,850, petugas klaim dan penyidik asuransi bertugas memeriksa rumah, bangunan komersial atau kendaraan untuk memastikan tingkat kerusakan dan berapa yang harus dibayar perusahaan asuransi. Petugas klaim asuransi akan menganalisis klaim dan menentukan apakah menerima atau menolak klaim. Kadang mereka akan menyerahkan hasil analisis mereka kepada penyidik asuransi.

Penyidik kemudian yang menentukan apakah klaim tersebut cacat (seperti kebakaran atau kecelakaan yang disengaja). Menurut Depnaker AS, lulusan diploma sudah cukup untuk mengisi posisi pemula. Namun perusahaan biasanya butuh yang punya ijazah sarjana atau yang berpengalaman di dunia asuransi.

 

4 dari 5 halaman

7. Web Developer

7. Web Developer

Gaji: US$ 62.500 (Rp 799,3 juta)

Seperti namanya, web developer adalah orang yang pekerjaannya membuat dan mengelola sebuah situs. Gaji seorang web developer lumayan tinggi, sekitar US$ 62,500.

Web developer menangani aspek teknis pembangunan situs dan menggunakan bahasa pemrograman untuk menulis kode. Desainer web membuat tampilan website. Setelah situs berjalan, web master memastikan bahwa itu berfungsi seperti yang dirancang. Mereka juga menguji website untuk kesalahan dan menanggapi permintaan bantuan dari pengguna situs.

Persyaratan pendidikan bervariasi untuk pengembang web dan dapat berkisar dari ijazah sekolah tinggi hingga gelar sarjana.

5 dari 5 halaman

6. Operator Pembangkit Listrik

6. Operator Pembangkit Listrik

Gaji: US$ 68.230 (Rp 872,6 juta)

Operator pembangkit listrik tugasnya mengatur sistem yang menghasilkan tenaga listrik batubara, nuklir, minyak bumi dan segala macam bahan bakar. Mereka menghentikan, memulai, menyesuaikan dan mengawasi aliran listrik dari pembangkit ke stasiun-stasiun pembangkit di bawahnya.

Profesi bergaji US$ 68,230 ini juga memelihara peralatan pembangkit agar bisa berjalan dengan baik. Menurut Depnaker AS, pendidikan minimal untuk menjadi seorang operator pembangkit listrik adalah lulusan sekolah tinggi, meski sebagian perusahaan menginginkan lulusan vokasi. Selain itu, khusus operator pembangkit nuklir harus memiliki lisensi atau sertifikat.

Beri Komentar