Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

11 Kebiasaan yang Gerogoti Uang Anda `Diam-diam`

11 Kebiasaan yang Gerogoti Uang Anda `Diam-diam` Ilustrasi

Dream - Apakah Anda pernah merasa uang cepat habis tetapi tidak tahu penyebabnya? Anda mungkin telah menjadi korban dari pembunuh anggaran siluman.

Ini adalah pengeluaran kecil yang tidak Anda anggap sebagai pengeluaran atau sering diabaikan. Tapi nyatanya, mereka pelan-pelan menguras gaji Anda dan bisa jadi membobol uang simpanan yang seharusnya tak tersentuh. 

Mengutip laman wisebread.com, berikut adalah 11 pembunuh kantong siluman yang mungkin harus diwaspadai atau dihilangkan sama sekali, agar kestabilan dan keseimbangan bidang keuangan tetap terjaga.

1. Keanggotan Gym yang Jarang Digunakan

Anda mungkin mendaftar menjadi anggota di gym utuk sekadar terlihat keren. Sudah pengetahuan umum jika biaya keanggotaan gym bisa sangat mahal.

Jika Anda jarang ke gym sebaiknya keanggotaan itu dibatalkan atau paling tidak ditangguhkan. Meski risikonya Anda akan akan dikenakan biaya. 

2. Langganan Online

Berlangganan situs online bisa meningkatkan jaringan sosial profesional seperti LinkedIn, Amazon atau Netflix. Yang menjadi masalah, lewat situs-situs ini bahwa mereka selalu terdengar bagus dalam teori. Tapi sekarang kebutuhan itu sudah hilang dan Anda tidak terlibat di dalamnya sebanyak sebelumnya.

"Saya melihat langganan online lebih banyak berguna bagi pemilik bisnis, tetapi kurang bagi non-bisnis," kata Amanda Abella, penasihat keuangan di MoneySavingPro.com. "Apakah Anda benar-benar bisa mengambil manfaat bisnis, kesehatan, dan sebagainya dari mereka. Apakah Anda benar-benar menyaksikan semua video yang Anda bayar?"

Jika jawabannya tidak, login dan memilih keluar.

3. Layanan Streaming Musik

Ide tentang layanan streaming musik membuat banyak yang menggelengkan kepala. Apakah kita semua lupa bahwa radio gratis? Apakah Anda benar-benar perlu mendengar lagu-lagu tidak jelas?

Apakah sepadan dengan biaya yang Anda bayar untuk layanan bebas iklan? Dan apakah Anda pernah memikirkan biayanya? Yang terakhir adalah pertanyaan yang paling penting. Jadi jika Anda menganggap itu layak, OK. Jika tidak, itu hanyalah sia-sia.

4. Pengeluaran Tak Tetap tapi Diperlukan

"Pengeluaran tak tetap tapi diperlukan seperti perpanjangan STNL mobil dan asuransi gigi adalah hal-hal yang bisa menggerogoti keuangan Anda. Anda mungkin akan terkejut ketika membayar sedangkan Anda tidak punya anggaran untuk mereka," Abella menunjukkan.

Tak banyak yang dapat Anda lakukan tentang biaya ini, maka ada baiknya Anda memiliki pelindung di anggaran bulanan Anda untuk menutupi kejutan ini.

 

(Ism) 

11 Penguras Kantong yang Beraksi Diam-diam (2)

5. Biaya Pertukaran Mata Uang

Alon Rajic, managing director moneytransfercomparison.com, menjelaskan lebih detail bagaimana fee tukar mata uang asing bisa lebih mahal dari yang seharusnya Anda bayar.

"Jika Anda seorang ekspatriat, seorang imigran, seorang pemilik usaha kecil, atau seorang investor luar negeri, fee tukar mata uang asing tidak diragukan lagi adalah pembunuh anggaran siluman," katanya. 

6. Biaya Hadiah Kejutan untuk Anak Anda

Setiap orangtua tahu bahwa anak-anak selalu membutuhkan sesuatu, dan sesuatu tersebut tidak selalu tertulis dalam rencana anggaran. Hal ini akan mengganggu bagi pasangan yang berpisah atau bercerai yang menggunakan sistem patungan untuk membiayai anak-anak mereka.

"Pembunuh anggaran siluman bagi orang tua yang berpisah atau cerai biasanya dalam bentuk biaya kejutan yang harus dibayar di luar biaya dasar pengasuhan bulanan," kata Sheri Atwood, seorang ahli keuangan rumah tangga dan tunjangan anak di SupportPay.com. 

7. Bahan Bakar Tambahan untuk Mobil Anda

Harga bensin jauh lebih terjangkau pada saat ini beberapa bulan yang lalu. Tapi masih tidak bisa dikatakan murah. Bensin adalah salah satu komoditas yang sangat penting dan bisa menjadi beban bagi anggaran. Namun itu tergantung pada berapa banyak bensin tambahan yang diperlukan.

Misalnya, lebih banyak menggunakan mobil waktu liburan dan mengantar anak-anak. Cobalah untuk menghitung biaya ke depan selama beberapa minggu untuk mengurangi dampak dari biaya bahan bakar.

11 Penguras Kantong yang Beraksi Diam-diam (3)

8. Menyalakan Peralatan Listrik Sementara Anda Tidak di Rumah

Segala peralatan listrik yang terpasang atau tidakdigunakan akan menghasilkan tagihan listrik yang besar.

Untuk memastikan anggaran energi Anda tetap di jalur, atau bahkan menurun, pikirkan tentang sumber-sumber listrik yang lebih efisien, seperti lampu LED dan peralatan listrik ramah lingkungan. Selain itu, mematikan peralatan listrik apa pun yang tidak digunakan tepat setelah Anda selesai menggunakannya.

9. Pembayaran Otomatis

Anda mungkin telah mengatur pembayaran otomatis yang dijadwalkan untuk item yang jarang digunakan atau tidak diperlukan lagi - seperti keanggotaan gym atau pembayaran online. Dan karena otomatis, Anda membiarkannya bekerja setiap bulan.

Berhenti melakukan itu. Tinjau pembayaran otomatis untuk memastikan bahwa semuanya dibayar untuk biaya yang diperlukan. Jika tidak, matikan pembayaran otomatis.

Ada juga kemungkinan bahwa Anda dikenakan biaya pembayaran otomatis yang tak semestinya jika Anda tidak hati-hati, Paul Moyer dari SavingFreak.com menjelaskan.

"Setiap layanan harganya dapat berubah dan Anda menjadi korban dari pembunuh anggaran siluman," katanya. "Dua contoh terbesar adalah asuransi dan televisi kabel. Dengan dua layanan ini, mereka perlahan-lahan akan menaikkan tagihan sampai Anda kaget dan baru tahu Anda membayar lebih sebesar tanpa menyadarinya."

10. Perpanjangan Otomatis Situs Keanggotaan

Salah satu masalah terbesar tentang situs keanggotaan adalah kebijakan perpanjangan keanggotan otomatis mereka. Sistem perpanjangan keanggotaan mereka meminta Anda untuk memberitahu bahwa Anda membatalkan layanan, terutama jika Anda mendapatkan promo. Jika tidak Anda dikenakan biaya.

Skenario lainnya adalah bahwa perpanjangan otomatis terjadi setahun kemudian - yang diberikan, biasanya didahului dengan peringatan email. Tetapi jika Anda melewatkannya atau Anda tidak mengharapkannya, Anda tiba-tiba mendapat tagihan di bulan atau tahun berikutnya. Jadi, hindari opsi perpanjangan otomatis jika tidak mau berurusan dengan kerumitan.

11. Diskriminasi Harga Online

Tahukah Anda bahwa Anda mungkin akan membayar lebih secara online berdasarkan lokasi Anda? Ini adalah benar, dan Karen Mesoznik, manajer pemasaran untuk SaferVPN, mengklaim bahwa Anda dapat menghemat anggaran Anda dengan menjadi sedikit lebih cerdas. (Ism) 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
40 Kata-Kata Lucu Sindiran Bayar Utang secara Halus, Biar yang Ngutang Cepat Sadar

40 Kata-Kata Lucu Sindiran Bayar Utang secara Halus, Biar yang Ngutang Cepat Sadar

Kata-kata lucu sindiran bayar utang mungkin diperlukan untuk mengingatkan kembali agar segera membayar utangnya.

Baca Selengkapnya
5 Hal yang Nggak Disangka Bisa Bikin Nyeri Haid Semakin Parah, Yuk Hindari Dulu!

5 Hal yang Nggak Disangka Bisa Bikin Nyeri Haid Semakin Parah, Yuk Hindari Dulu!

Cek beberapa kebiasaan ini yang bisa bikin nyeri haid semakin parah!

Baca Selengkapnya
Bolehkah Orang Tua Memakai Uang THR Anak? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan agar Tidak Disalahgunakan

Bolehkah Orang Tua Memakai Uang THR Anak? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan agar Tidak Disalahgunakan

Berbagi THR adalah termasuk dari berbagi kebahagiaan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Merasa Bersalah, Penipu Kembalikan Uang Usai Tahu Korbannya Yatim Piatu, Bahkan Dikasih Jumlah yang Lebih Banyak

Merasa Bersalah, Penipu Kembalikan Uang Usai Tahu Korbannya Yatim Piatu, Bahkan Dikasih Jumlah yang Lebih Banyak

Penipu ini merasa bersalah hingga akhirnya mengembalikan uang milik korban. Bahkan jumlahnya jauh lebih besar dari yang dicuri

Baca Selengkapnya
Doa Pinjam Uang agar Diberikan Kemudahan, Lengkap dengan Penjelasannya secara Fikih

Doa Pinjam Uang agar Diberikan Kemudahan, Lengkap dengan Penjelasannya secara Fikih

Doa tersebut tak hanya memudahkan saat mengajukan, tetapi juga dalam membayarnya.

Baca Selengkapnya
7 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Kesehatan Otak, Perlu Diwaspadai!

7 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Kesehatan Otak, Perlu Diwaspadai!

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena bisa berdampak negatif pada kesehatan otak.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Kebiasaan telat makan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Intip beberapa dampak buruknya.

Baca Selengkapnya